Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Barit untuk Industri Pertambangan Minyak Bumi

gambar mineral barit
Gambar barit

" Barit merupakan mineral yang terbentuk di alam yang banyak dimanfaatkan untuk industri pertambangan minyak dan gas bumi "

Seperti diketahui barit adalah salah satu bahan galian industri, dimana barit banyak digunakan untuk kebutuhan industri. Barit yang terdapat di alam akan ditambang dan diolah yang kemudian dipasarkan sesuai dengan penggunaannya.

Deskripsi Mineral Barit

Kata barit berasal dari bahasa Yunani, yaitu barys yang berarti berat. Barit dikenal juga dengan nama lain seperti baryte, heavy spar, tiff. Mineral barit mulai dikenal dan diusahakan secara komersial pada awal abad ke-19.

Batu Barit dapat dikenali dari nyala api berwarna hijau bila dibakar. Karakteristik barit lainnya yang dapat diketahui secara cepat adalah tidak larut dalam air dan asam, tidak mudah bereaksi dan dapat menyerap radiasi.

Rumus kimia barit adalah BaSO4, merupakan senyawa barium yang dapat dijumpai dalam jumlah sangat besar, yang dimana sudah ditambang secara ekonomis. Senyawa barium lainnya yang juga sering dijumpai, tetapi dalam jumlah terbatas adalah witherit (BaCO3) dan sanbornit (BaSi2O5).

Unsur Kandungan Barit

Keterdapatan di alam barit mengandung unsur campuran Cr, Ca, Pb dan Ra, yang senyawa mempunyai bentuk kristal yang sama dengan barit. Sedangkan, unsur pengotor barit adalah besi oksida, lempung dan unsur organik. Warna kristal barit murni adalah putih atau abu - abu.

Potensi Barit di Indonesia

Berdasarkan survei yang dilakukan cadangan barit cukup besar di Indonesia, tersebar di beberapa lokasi, seperti di daerah Omesuri, Lebatukan dan Buyasari Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ditemukan juga cadangan barit di Pulau Wetar, Maluku Selatan. Daerah Lanjut, Kendawangan, Kalimantan Barat dan di daerah Pulau Lombok serta di Tanah Toraja di Provinsi Sulawesi Selatan.

Penambangan dan Pengolahan Barit

Penambangan barit dapat dilakukan dengan metode tambang terbuka maupun tambang bawah tanah. Penentuan metode penambangan barit didasari atas letak endapan barit, jenis endapan, topografi daerah serta ukuran dan ciri fisik dan kimia dari endapan barit tersebut.

Pengolahan barit menggunakan teknologi pengolahan untuk mendapatkan produk barit yang sesuai dengan penggunaannya. Tujuan pengolahan barit dilakukan supaya menghasilkan barit murni dengan persentase kandungan BaSO4 sebesar 95%.

Manfaat Barit

Manfaat barit banyak dimanfaatkan untuk industri pertambangan minyak  dan gas bumi. Barit merupakan salah satu komponen lumpur bor yang sangat penting, yang penggunaannya mencapai 85 - 90% dari produksi barit dunia.

gambar pemboran minyak bumi
Gambar pemboran minyak bumi

Sedangkan, penggunaan barit dengan persentase 10 - 15% digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan kimia barium, bahan pengisi dan pengembang, pigmen dan bahan penyerap radiasi untuk modul panel surya.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar. Demikian ulasan singkat mengenai " Manfaat Barit untuk Industri Pertambangan Minyak Bumi " Semoga Bermanfaat. 


Dp.

Post a Comment for "Manfaat Barit untuk Industri Pertambangan Minyak Bumi"