Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indonesia Siapkan 6 Stadion untuk Piala Dunia U-20 Tahun 2023

gambar logo Piala Dunia U-20 Indonesia
Gambar Logo Piala Dunia U-20 22 Mei - 11 Juni 2023 di Indonesia

" Perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang diadakan di Indonesia akan segera dimulai, 6 Stadion ini akan digunakan untuk menggelar pertandingan Sepak Bola "

Indonesia menjadi negara yang ditunjuk oleh federasi sepak bola dunia FIFA, sebagai tuan rumah Piala Dunia dibawah umur 20 tahun atau lebih sering disebut Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung pada 22 Mei - 11 Juni 2023.

Rencananya acara pembukaan Piala Dunia U20 akan diadakan di Stadion terbesar di Indonesia, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta. Selain menjadi tempat pembukaan acara, kabarnya stadion Bung Karno juga akan menjadi salah satu stadion yang akan menggelar pertandingan.

Di Indonesia sendiri sudah banyak terbangun stadion megah dengan kontruksi megah dan fasilitas berstandar internasional. Nah, stadion mana lagi yang dipersiapkan Indonesia untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20?.

Bahkan beberapa perusahaan kontruksi terbesar di Indonesia, terutama dari BUMN dan Kementerian dilibatkan untuk mengerjakan, renovasi dan mempersiapkan Stadion untuk Piala Dunia U-20. 

Berikut profil 6 stadion yang dipilih oleh FIFA untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 tahun 2023 di Indonesia, berdasarkan kapasitas penonton dan fasilitas pendukung dari stadion tersebut.

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) adalah stadion terbesar di Indonesia dan berstandar internasional yang terletak di Jakarta, merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olah Raga Bung Karno. Nama stadion diambil dari nama Presiden pertama Indonesia Soekarno.

gambar stadion gelora bung karno
Gambar Stadion Utama Gelora Bung Karno

SUGBK merupakan stadion yang terpilih untuk menggelar pertandingan U-20. GBK selama ini dikenal sudah banyak menggelar pertandingan sepak bola, baik untuk pertandingan untuk Liga maupun pertandingan sepak bola internasional.

Gelora Bung Karno mempunyai kapasitas penonton sekitar 100.000 orang. stadion GBK yang mulai didirikan pada menengah tahun 1958 dan penyelesaian fase pertamanya pada kuartal ketiga 1962 ini merupakan salah satu yang terbesar di alam. Menjelang Piala Asia 2007, terjadi renovasi pada stadion yang mengurangi kapasitas stadion menjadi 88.083 penonton.


2. Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat adalah suatu stadion olahraga yang berlokasi di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Nama Si Jalak Harupat diambil dari julukan salah seorang pahlawan nasional dari Bojongsoang, Bandung yaitu Otto Iskandardinata.

gambar tampak luar stadion si jalan harupat
Gambar Stadion Si Jalak Harupat (Gambar:BandungKab)

Kini stadion tersebut menjadi milik Pemerintah Kabupaten Bandung. Persikab Bandung, yang merupakan wakil Kabupaten Bandung di Liga Indonesia menjadikan stadion tersebut sebagai kandangnya. Stadion Si Jalak Harupat mempunyai kapasitas penonton 40.100 orang.

Stadion ini dibangun mulai Januari 2003 yang diresmikan pada hari jadi Kabupaten Bandung ke 364, tanggal 26 April 2005 oleh Agum Gumelar yang menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat.


3. Stadion Manahan

Stadion Manahan adalah salah satu ikon olahraga kota yang ada di kota Solo. Stadion yang memiliki fasilitas berstandar internasional. Letak Stadion Manahan berada di tengah kota, yaitu di Jalan Adi Sucipto No.1, Manahan, Banjarsari. Stadion ini berkapasitas penonton 25.000 orang.

Stadion Manahan memiliki lokasi yang strategis karena letaknya berdekatan dengan Stasiun Kereta Purwosari, Terminal Tirtonadi, Bandara Adi Sumarmo, hotel berbintang hingga pusat perbelanjaan. Hal ini menjadikan Stadion Manahan sebagai salah satu lokasi yang paling representatif untuk menyelenggarakan acara olahraga skala nasional dan internasional, seperti Piala Dunia U-20.

gambar bagian dalam stadion manahan solo
Gambar Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan juga menjadi rumah bagi sejumlah klub bola asal Kota Batik seperti Pelita Solo, Persijatim Solo FC, hingga Persis Solo, stadion ini juga dulunya merupakan lapangan yang digunakan untuk pacuan kuda Kadipaten Mangkunegaran.

Setelah direnovasi Stadion Manahan memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Mulai dari area parkir yang mampu menampung 2300 motor dan 300 mobil, beragam lapangan mulai dari tenis, bisbol, sirkuit motor, sirkuit sepeda, ruang billiard, dan lainnya. Stadion Manahan juga memiliki fasilitas taman lengkap dengan sarana fitness dan jogging yang bisa digunakan secara gratis.


4. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo adalah sebuah stadion serbaguna di Surabaya, dibangun tepat ditengah kota Surabaya. Stadion ini dibuka pada 6 Agustus 2010. Keseluruhan komplek telah dibangun menjadi pusat olahraga. Stadion ini menggantikan Stadion Gelora 10 November. 

gambar tampak bagian luar stadion gelora bung tomo
Gambar Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo dapat menampung 55.000 penonton. Stadion Gelora Bung Tomo biasanya digunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola nasional. Selain itu area Stadion Gelora Bung Tomo ini sedang direncanakan sirkuit khusus untuk ajang balap drag race.

5. Stadion Kapten I Wayan Dipta

Stadion Kapten I Wayan Dipta adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Gianyar, Bali, Indonesia. Stadion ini memilik kapasitas penonton berjumlah 25.000 orang. Dahulu Stadion Dipta digunakan sebagai homebase kesebelasan asal Gianyar, yakni Persegi Gianyar. 

gambar lapangan stadion kapten i wayan dipta
Gambar Stadion Kapten I Wayan Dipta

Saat ini, Stadion Kapten I Wayan Dipta kembali difungsikan setelah Liga Indonesia kembali bergulir dan untuk sementara menjadi homebase satu-satunya kesebelasan asal Pulau Dewata yakni Bali Devata FC.

6. Stadion Jakabaring

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang merupakan stadion kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan. Stadion tersebut merupakan stadion ketiga terbesar di Indonesia setelah SUGBK (Stadion Utama Gelora Bung Karno) dan Stadion Utama Palaran Kalimantan Timur (Kaltim).

gambar stadion gelora sriwijaya jakabaring
Gambar Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang berstatus sebagai stadion standar A Asia. Hal itu membuat stadion yang berlokasi di Palembang itu kerap dijadikan sebagai venue pentas - pentas olahraga macam SEA Games, Asian Games hingga Piala Asia.

Stadion Jakabaring  di Palembang dapat menampung penonton sampai 40.000 orang. Terdapat empat tribun (Tribun A,B,C,D) dimana atapnya ditopang oleh dua lengkung baja besi berukuran besar dan dilengkapi parkir kendaraan seluas 3 Ha.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar. Demikian ulasan singkat mengenai " Indonesia Siapkan 6 Stadion untuk Piala Dunia U-20 Tahun 2023 " Semoga Bermanfaat.


Dp

Post a Comment for "Indonesia Siapkan 6 Stadion untuk Piala Dunia U-20 Tahun 2023"