Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Articulated Dump Truck: Truk Pengangkut Tambang yang Handal Diberbagai Kondisi

gambar Articulated Dump Truck sedang membawa muatan
Gambar Articulated Dump Truck/ADT/Artik/Articulated Hauler

" Articulated Dump Truck merupakan jenis truk yang didesain mampu menghadapi kondisi  jalan tanah dan berbatu di daerah pertambangan "

Menghadapi kondisi medan di daerah tambang yang cukup menantang dan untuk meningkatkan jumlah produksi, dibutuhkan jenis alat angkut truk tambang yang handal dan cocok dengan kondisi jalan tanah di tambang.

Salah satu pilihan alat berat tambang untuk alat angkut yang dikenal dapat digunakan untuk menghadapi kondisi jalan dan topografi di daerah pertambangan adalah Articulated Dump Truck (ADT).

Apa Itu Articulated Dump Truck (ADT)

ADT adalah singkatan dari Articulated Dump Truck, nama lainnya Artic atau Articulated Hauler. ADT adalah jenis truk yang mampu berjalan di daerah berlumpur dan berpasir, seperti di pertambangan.

Berdasarkan fungsinya, ADT adalah jenis alat angkut yang difungsikan untuk membawa muatan dengan volume yang sangat banyak. ADT merupakan jenis truk yang digunakan untuk metode tambang terbuka, baik open pit maupun open cut.

Kelebihan Articulated Dump Truck

ADT juga memilik kemampuan mampu berjalan dan menghadapi kondisi jalan yang tidak rata maupun bergelombang dan dapat menaklukkan jalan dengan kondisi jalan yang terjal dan berbukit.

Mengenai kapasitas daya angkut, ADT mampu mengangkut beban dengan berat mulai dari 28 sampai 30 ton, tergantung merek dan jenisnya.

ADT dapat dimuati jenis material tanah, batuan, lumpur, batubara maupun bijih logam. Namun, biasanya ADT digunakan hanya untuk mengangkut tanah maupun tanah liat.

Khususnya di operasi penambangan, ADT banyak digunakan oleh perusahaan pertambangan dan kontraktor tambang untuk mengangkut material tanah penutup bahan galian tambang, seperti top soil dan overburden (OB).

gambar ADT dimuat batubara
Gambar ADT dan Eksavator

Sesuai dengan namanya Dump Truck, ADT dilengkapi kemampuan dump atau mengangkat bagian belakang truck untuk menurunkan material yang dibawa ditempat yang telah ditentukan.

ADT terdiri dari mesin yang berada di bawah kepala, 6 ban berukuran kira - kira setingggi manusia. Dua ban ada di depan dan 4 ban berada dibelakang supaya mampu menahan beban dari muatan.

Semua bagian dari ADT dilengkapi dengan sistem hidrolik sehingga pergerakan truk ini sangat fleksibel sehingga mudah dikendalikan oleh pengemudi. Di pertambangan ADT sering dipasangkan dengan alat berat excavator, seperti Komatsu PC 600 sebagai alat muatnya.

Produsen Truk Tambang ADT

Beberapa produsen alat berat yang memproduksi truk jenis Articulated Dump Truck antara lain; Caterpillar, yaitu ADT 730, Komatsu dengan ADT HM 400, Hitachi AH 400 dan Volvo ADT A40G.

Merek - merek ADT di atas merupakan ADT yang sering digunakan oleh perusahaan pertambangan produsen batubara dan logam dan kontraktor pertambangan, terutama di Indonesia.

Selain di proyek pertambangan, ADT juga sering digunakan untuk pekerjaan konstruksi sipil, terutama untuk proyek penggalian dan penimbunan, seperti proyek pembangunan bandara dan pembangunan bandungan (waduk).

Karena alasan harga satu unit ADT yang sangat mahal, maka truk jenis ini biasanya hanya digunakan untuk proyek berskala besar, contohnya untuk alat angkut di pertambangan.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar. Demikian ulasan singkat mengenai " Articulated Dump Truck: Truk Pengangkut Tambang yang Handal Diberbagai Kondisi " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Articulated Dump Truck: Truk Pengangkut Tambang yang Handal Diberbagai Kondisi"