Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indonesia Menjadi Pemilik Kapal Tanker Terbesar di Dunia

gambar kapal tanker gas
Gambar kapal tanker Pertamina

" Sejak 1 Februari 2023, Indonesia baru saja menerima pesanan kapal tanker gas terbesar di Indonesia yang dinamai Pertamina Gas Amaryllis "

Sebelum mengenal kapal tanker gas terbesar di dunia yang dimiliki Indonesia, ketahui dahulu apa itu kapal tanker, baik dari segi pengertian dan fungsi dari kapal tanker. 

Apa itu Kapal Tanker?

Kapal tanker adalah jenis kapal yang telah didesain agar mampu mengangkut berbagai jenis bahan yang bersifat cair dan gas, seperti pengangkutan minyak dan gas bumi (lng) dari pertambangan offshore ke kilang minyak maupun pengangkutan gas ke lokasi industri.

Fungsi utama dari kapal tanker adalah sebagai media atau alat transportasi pengangkutan dan pengiriman bahan, seperti minyak bumi, gas alam dan bahan kimia yang bersifat cair keberbagai penjuru dunia melalui perairan atau laut.

Pertamina Gas Amaryllis

Kapal tanker Pertamina Gas Amaryllis merupakan kapal jenis VLGC ( Very Large Gas Carrier), yaitu kapal pengangkutan gas alam dengan kapasitas muatan terbesar di dunia. Resmi menjadi milik Indonesia dibawah operator Pertamina International Shipping (PIS).

Nama kapal tanker Pertamina Gas Amaryllis terinspirasi dari bunga Amaryllis yang memiliki arti kemegahan dan berkilau. Kapal tanker menggunakan dua jenis bahan bakar yaitu Low Sulphur Fuel Oil dan Gas.

Spesifikasi Pertamina Gas Amaryllis

Kapal tanker Pertamina Gas Amaryllis merupakan kapal jenis VLGC. Kapal Pertamina Gas Amaryllis memiliki sistem dual fuel, yaitu bisa dioperasikan dengan dua bahan bakar.

Kapasitas angkut sampai 90 ribu metrik ton, panjang kapal 229,99 m. Sedangkan, jenis muatan yang dapat diangkut, yaitu jenis LPG (Propane dan Butane) dan Ammonia Cargo.

Saat ini, kapal tanker Pertamina Gas Amaryllis dioperasikan Pertamina International Shipping (PIS). PT Pertamina International Shipping (PIS) adalah Subholding Integrated Marine Logistics yang diresmikan pada tahun 2021.

PT Pertamina International Shipping (PIS)

PIS dibentuk melalui spin-off usaha charter out dengan tujuan untuk mendapatkan pendapatan riil, yang nantinya secara konsolidasi akan memberikan keuntungan kepada PT Pertamina (Persero) secara profesional, sesuai dengan praktik pelayaran yang berlaku.

PIS adalah perusahaan pelayaran nasional bertaraf internasional dengan menangkap peluang memberikan keuntungan berupa pengelolaan bisnis pelayaran secara profesional, sesuai praktik pelayaran Indonesia.

Sejak didirikan tahun 2016, ekspansi bisnis PIS terus dilakukan, antara lain dengan membangun anak perusahaan Pertamina International Shipping Pte Ltd di Singapura, serta cucu perusahaan, yaitu PIS Polaris Pte Ltd dan PIS Paragon Pte Ltd, yang juga berkedudukan di Singapura.

Sampai saat ini, PT Pertamina International Shipping (PIS) sebagai Subholding Integrated  telah memiliki total 750 kapal. Selain pemilik kapal, PIS juga mengelola time charter dan spot charter yang dapat disewa melalui e-chartering.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar. Demikian ulasan singkat mengenai " Indonesia Menjadi Pemiliki Kapal Tanker Terbesar di Dunia " Semoga Bermanfaat. 


Dp.

Post a Comment for "Indonesia Menjadi Pemilik Kapal Tanker Terbesar di Dunia"