Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kontraktor Tambang Terbesar di Indonesia 2023

gambar alat berat kontraktor tambang

" Daftar perusahaan kontraktor tambang terbesar di Indonesia pada tahun 2023 yang memiliki reputasi dan mendapat kontrak penambangan dengan perusahaan pertambangan logam dan batubara "

Memasuki tahun 2023, perusahaan kontraktor pertambangan mulai mengejar target produksi dan kontrak penambangan dengan perusahaan pertambangan mineral dan batubara. 

Kontraktor tambang dibutuhkan untuk membantu menggali bahan tambang yang tersimpan dikerak bumi dengan menggunakan alat berat tambang, baik dengan menggunakan metode tambang terbuka maupun tambang bawah tanah. 

Apa itu Kontraktor Tambang?

Kontraktor tambang adalah badan usaha yang dibentuk untuk dapat mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan usaha pertambangan, seperti pengupasan dan pemindahan lapisan penutup (overburden), penggalian, pengangkutan, persiapan infrastruktur sampai reklamasi areal bekas tambang.

Kontraktor tambang dibutuhkan untuk menjadi ujung tombak menggenjot produksi komoditas tambang. Apalagi semakin miningkatnya permintaan bahan tambang, seperti nikel, tembaga dan batubara.

Perusahaan pertambangan mineral logam dan batubara adalah usaha yang membutuhkan jasa kontraktor tambang dengan tujuan memaksimalkan jumlah produksi tambang harian, bulanan sampai tahunan.

Nah, 2023 siapa saja kontraktor pertambangan yang telah menunjukkan kinerja terbaik dan mendapatkan banyak kontrak baru di tahun ini?.

Kontraktor Tambang Terbesar di Indonesia

Inilah 3 besar daftar kontraktor tambang terbesar di Indonesia yang menguasai jasa kontraktor tambang, berdasarkan kinerja terbaik di tahun 2022 dan dari segi kesiapan peralatan tambang dan sumber daya manusia yang mempuni:

1. PT Pama Persada Nusantara (PAMA)

PT Pama Persada Nusantara didirikan pada tahun 1993 dan merupakan kontraktor penambangan batubara terbesar di Indonesia bahkan dunia. PAMA dapat mengerjakan pekerjaan tambang meliputi eksplorasi, persiapan infrastruktur, operasi penambangan, perencanaan tambang dan reklamasi serta vegetasi di areal bekas tambang.


gambar pama
Gambar PAMA

PT PAMA adalah kontraktor pertambangan yang dikenal menggunakan merek alat berat dari Komatsu. PAMA merupakan anak perusahaan dari PT United Tractors dengan induk perusahaan PT Astra International Tbk. PAMA dilengkapi peralatan pertambangan terutama alat berat tambang dari merek Komatsu.    

PAMA dilengkapi peralatan tambang utama lebih dari 3.919 unit yang diklaim memiliki teknologi tinggi dan jumlah karyawan pertambangan lebih dari 22.281 karyawan, yang tersebar di operasi pertambangan (jobsite) dan kantor pendukung serta dealer United Tractors.

Perusahaan pertambangan yang menjalin kerjasama dengan PAMA, antara lain; Martabe Site Project (Gold Mining), ARIA Site Project (Coal Mining), MTBU Site Project (Coal Mining) dan ABKL Site Project (Coal Mining).

2. PT Putra Perkasa Abadi (PPA)

PT Putra Perkasa Abadi merupakan pemain baru di industri kontraktor pertambangan yang didirikan pada tahun 2002. PPA adalah kontraktor pertambangan yang khusus bergerak dalam bidang penyewaan alat berat, penyediaan jasa pemindahan tanah dan pertambangan.

PT PPA sedang menangani kontrak kerjasama operasi penambangan dengan 6 perusahaan pertambangan besar diseluruh Indonesia, termasuk di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan dengan kontrak standar PPA berlaku untuk jangka waktu 5 tahun. 

gambar logo ppa
Gambar PPA


PT Putra Perkasa Abadi sedang bekerjasama dengan SKS (Surya Kalimantan Sejati) dengan kontrak 12 tahun dimana PPA mengerjakan kontrak tambang, yaitu pengupasan lapisan tanah, ekstraksi batubara dan pengangkutan batubara ke instalasi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Pada tahun 2021 Putra Perkasa Abadi mulai beralih menjadi kontraktor tambang nikel dengan mendapatkan kontrak dari perusahaan tambang bijih nikel yaitu PT MLP.

3. PT Bukit Mandiri Utama (BUMA)

PT Bukit Makmur Mandiri Utama merupakan perusahaan kontraktor tambang yang didirikan pada tahun 1998. BUMA merupakan kontraktor tambang yang dikenal sebagai salah satu perusahaan kontraktor pertambangan batubara terbesar di Indonesia dengan induk perusahaan PT Delta Dunia Tbk. 

gambar logo buma
Gambar BUMA

PT BUMA dikenal sebagai pemain lama di sektor kontraktor pertambangan baik tambang batubara maupun tambang bijih logam. BUMA telah banyak mengerjakan berbagai proyek kontrak pertambangan diseluruh Indonesia.

BUMA melayani kontrak pekerjaan tambang mulai dari pengupasan lapisan tanah penutup, penambangan batubara, pengangkutan batubara serta reklamasi tambang dan rehabilitasi tanah bekas tambang. 

Perusahaan kontraktor tambang BUMA, dilengkapi berbagai jenis peralatan tambang dengan teknologi canggih dan lebih dari 2.500 unit alat berat dari berbagai merek.

Beberapa perusahaan pertambangan yang sedang menjalin kerjasama dengan BUMA, yaitu Berau Coal (Lati), Sungai Danau Jaya (SDJ), Tadjahan Antang Mineral (TAM) dan Tanah Bumbu Resources (TBR).

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar. Demikian ulasan singkat mengenai " Kontraktor Tambang Terbesar di Indonesia 2023 " Semoga Bermanfaat.

Dp.

Post a Comment for "Kontraktor Tambang Terbesar di Indonesia 2023"