Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah itu Tembaga Serta Sifat, Warna, Senyawa Tembaga

gambar gulungan kawat tembaga
Gambar kawat tembaga

" Tembaga memiliki sifat, senyawa, unsur dan karakteristik yang berbeda dengan logam lainnya sehingga tembaga sulit tergantikan dengan logam untuk berbagai kebutuhan industri "

Tembaga memiliki ciri khas yang membuatnya menjadi bahan untuk pembuatan peralatan listrik, meskipun tembaga memiliki kemiripan dengan aluminium, namun tembaga mimiliki sifat pengantar listrik yang baik dibandingkan aluminium.

Nah, apakah itu tembaga serta ciri - ciri tembaga, terutama dari sifat, unsur dan karakteristik tembaga sehingga menjadi pilihan utama dan sulit tergantikan dengan logam lainnya.

Warna, Unsur dan Mineral Tembaga 

Tembaga dengan rumus kimia (Cu) mempunyai sistem kristal kubik, secara fisik berwarna kuning. Apalagi tembaga bila dilihat dengan menggunakan mikroskop maka bijih akan berwarna pink kecoklatan sampai keabuan. 

Unsur tembaga terdapat pada hampir 250 mineral, tetapi hanya sedikit saja yang bersifat komersial. Pada endapan sulfida primer, kalkopirit (CuFeS2) adalah yang terbesar, diikuti oleh kalkosit (Cu2S), bornit (Cu2FeS, kovelit (CuS) dan enargit (Cu3sS4).

gambar bijih tembaga yang telah ditambang
Gambar bijih tembaga

Mineral tembaga utama dalam bentuk deposit oksida adalah krisokola (CuSiO32HO), Malasit (Cu2(OH)2CO3), dan azurit (Cu3(OH)2(CO3)2. Deposit tembaga dapat diklasifikasikan dalam lima tipe, yaitu deposit porfiri, urat dan replacement, deposit stratabound dalam batuan sedimen, deposit masif pada batuan volkanik, deposit tembaga nikel dalam intrusi/mafik, serta deposit nativ.

Pada umumnya, bijih tembaga di Indonesia terbentuk secara megmatik. Pembentukan endapan magmatik dapat berupa proses hidrotermal atau metasomatisme. Tembaga paling banyak digunakan pada bidang peralatan listrik. 

Penggunaan Tembaga

Kawat tembaga dan paduan tembaga digunakan dalam instalasi listrik rumah, pembuatan motor listrik, bidang telekomunikasi, generator, kabel transmisi listrik, komponen kendaraan bermotor, konduktor listrik, kabel dan tabung coaxial, tabung microwave, saklar, reaktifier transsistor, dan bidang - bidang yang membutuhkan sifat konduktivitas listrik dan panas yang tinggi, seperti untuk pembuatan tabung dan klep di pabrik penyulingan. 

gambar tembaga untuk penggunaan transmisi listrik
Gambar tembaga pada transmisi listrik

Meskipun saingan tembaga, yaitu aluminium dapat digunakan untuk tegangan tinggi pada jaringan transmisi, tetapi tembaga masih memegang peranan penting untuk jaringan bawah tanah dan menguasai pasar kawat berukuran kecil, peralatan sektor yang berhubungan dengan larutan, sektor konstruksi, mesin pertanian, persawat terbang dan kapal laut, atap, pipa ledeng, pengatur temperatur ruangan, campuran kuningan dengan perunggu, dekorasi rumah, mesin sektor non elektris dan peralatan mesin.

Persebaran Tembaga di Indonesia

Potensi tembaga yang terbesar dimiliki Indonesia terdapat di daerah Papua. Tepatnya di Timika, Tembagapura, Provinsi Papua terdapat perusahaan pertambangan tembaga terbesar di dunia, yaitu PT Freeport Indonesia (PTFI). Sedangkan, daerah potensi tembaga lainnya menyebar di Jawa Barat, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan (Pusat Data dan Informasi ESDM, 2017).

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar. Demikian ulasang singkat mengenai " Apakah itu Tembaga Serta Sifat, Warna, Senyawa dan Karakteristik Tembaga " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Apakah itu Tembaga Serta Sifat, Warna, Senyawa Tembaga"