Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Perusahaan yang Memasang Panel Surya di Pabriknya

gambar pembangkit listrik tenaga surya atap
Gambar plts atap

" Penggunaan panel surya atap sudah semakin populer dan semakin meningkatkan penggunaannya, baik untuk kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan listrik di pabrik "

Teknologi panel surya adalah salah satu solusi atau energi alternatif untuk mendapatkan sumber energi listrik yang dikategorikan sebagai energi baru terbarukan (EBT), untuk menggantikan sumber energi listrik yang berasal dari bahan bakar fosil.

Pemanfaatan energi baru terbarukan merupakan solusi untuk mengurangi ketergantungan pemakaian energi fosil dan mengurangi produksi gas karbon dioksida pemicu pemanasan global dan perubahan iklim.

Cara Kerja Panel Surya

Cara kerja panel surya cukup sederhana, yaitu radiasi Matahari yang sering disebut dengan foton akan dipantulkan ke modul surya yang terdiri dari sel - sel fotovoltaik yang kemudian diubah menjadi energi listrik.

Listrik yang dihasilkan akan dialirkan langsung ke pengguna dan peralatan yang menggunakan listrik maupun disimpan terlebih dahulu di baterai yang dapat menyimpan energi listrik, seperti baterai lithium.

Manfaat Panel Surya

Penggunaan panel surya sudah semakin luas terutama untuk kebutuhan rumah tangga yang disebut dengan panel surya atap dan penggunaan untuk industri pabrik. Manfaat dari penggunaan panel surya adalah untuk menghemat penggunaan listrik dari perusahaan listrik dan kepedulian terhadap lingkungan serta keberlanjutan energi di masa depan.

Beberapa perusahaan telah menerapkan teknologi panel surya di pabriknya masing - masing dengan tujuan menyuplai kebutuhan listrik untuk operasional pabriknya yang berasal dari energi baru terbarukan.

Pabrik yang Menggunakan PLTS Atap

Nah, perusahaan pemilik pabrik apa saja di Indonesia yang telah menggunakan panel surya atap untuk memenuhi kebutuhan akan energi listriknya. Berikut 5 daftar pabrik yang telah menerapkan plts atap:

1. Pabrik Danone - Aqua

Pabrik air minum kemasan milik Danone Aqua yang terletak di Klaten, Jawa Tengah, telah menggunakan panel surya atap untuk memenuhi sebagian kebutuhan listrik di pabriknya tersebut.

gambar plts atap milik aqua
Gambar plts atap di pabrik Aqua (gambar Aqua Indonesia)

Pembangkit listrik tenaga surya (plts), jenis panel surya ini memiliki kapasitas terpasang 2.919 kilowatt peak (kWp). Panel surya atap ini mampu menghasilkan listrik sebesar 4 Giga Watt hour (GWh) per tahun.

2. Pabrik Coca Cola Amatil Indonesia

Pabrik Coca Cola yang terletak di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berhasil memasang panel surya atap terbesar di Asia Tenggara dan nomor 4 terbesar di dunia.

Panel surya atap ini memiliki kapasitas terpasang 7,13 MW (Megawatt). Pembangunan panel surya milik Coca Cola Amatil Indonesia menghabiskan dana sebesar Rp 87 miliar.


3. Pabrik Arwana Citramulia

Pabrik milik PT Arwana Citramulia Tbk (Arwana Ceramics), sebagai pabrik keramik dan porselen di Indonesia mulai beralih menggunakan tenaga surya (PLTS Atap) untuk kegiatan operasional di pabrik yang berlokasi di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

PLTS Atap ini sudah digunakan sejak Juni 2022. Sebanyak 4.554 panel surya yang telah terpasang di atap pabrik keramik milik Arwana Ceramics dapat menghasilkan 2.920.375 kWh per tahun dan menekan produksi CO2 sebesar 2.727.630 kg setiap tahunnya.


4. Pabrik Astra Honda Motor

Pabrik perakitan sepeda motor dan mobil milik PT Astra Honda Motor (AHM) telah dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga surya plts atap, yaitu gedung pabrik AHM yang terletak di Karawang, pabrik AHM Cikarang, dan AHM Safety Riding & Training Center Deltamas, Jawa Barat.

gambar panel surya atap astra honda motor
Gambar panel surya atap AHM (gambar Astra Honda)

Dengan demikian dari plts atap yang telah terpasang di atap gedung pabrik AHM, mampu menghasilkan listrik mencapai 8.760 kWp (kilowatt per hour) atau setara dengan 8.7 MW. Salah satu panel surya atap terbesar di Indonesia.

5. Pabrik Bungasari Flour Mills Indonesia

Pabrik terigu milik Bungasari Flour Mills Indonesia yang terletak di Kota Medan, Sumatera Utara telah menggunakan plts atap untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik untuk pabriknya. PLTS yang dibangun ini memiliki kapasitas terpasang 2.4 megawatt-peak atau sekitar 2.940.819 kilowatt-hour (kWh) per tahun.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar. Demikian ulasan singkat mengenai " 5 Perusahan yang Memasang Panel Surya di Pabriknya " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "5 Perusahaan yang Memasang Panel Surya di Pabriknya"