Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 5 Pengusaha Tambang di Indonesia, Nomor 1 Orang Terkaya di Indonesia

gambar tambang batubara jenis open pit
Gambar tambang batubara jenis tambang terbuka open pit

“ Inilah orang terkaya di Indonesia yang mengumpulkan pundi - pundi kekayaannya dari industri pertambangan dengan menjadi pengusaha tambang “

Setiap orang pasti mempunyai cita - cita maupun keinginan menjadi kaya, termasuk Anda yang membaca ini. Apalagi mendapat status sebagai orang terkaya di muka Bumi ini. Tentu orang terkaya memiliki harta atau kekayaan yang berlimpah sehingga memperoleh predikat sebagai orang terkaya.

Pengertian Orang Terkaya

Mendapat predikat sebagai orang terkaya, jika nama mereka tercantum di daftar orang terkaya versi Forbes maupun Bloomberg. Kedua lembaga ini secara rutin menghitung harta dan kekayaan dari setiap orang setiap tahunnya.

Predikat dan peringkat orang terkaya didasari oleh jumlah kekayaannya. Kekayaan adalah berlimpahnya aset keuangan yang berharga atau harta benda fisik yang dapat diubah menjadi bentuk yang dapat digunakan untuk bertransaksi.

Menjadi orang terkaya di dunia tidaklah mudah dan secepat kilat, butuh perjuangan dan kerja keras yang sangat besar sampai dapat memperoleh predikat tersebut. Pada umumnya, orang - orang terkaya di dunia memiliki pekerjaan sebagai pebisnis atau seorang pengusaha.

Orang Terkaya di Indonesia

Tidak terkecuali di Indonesia, beberapa orang terkaya di Indonesia berhasil mengumpulkan kekayaannya dengan menjadi pengusaha. Ada pengusaha properti, bahan kimia, rokok, perkebunan kelapa sawit dan pertambangan.

Nah, dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes, terdapat 5 orang terkaya yang berhasil mengumpulkan pundi - pundi kekayaan dari pertambangan dengan menjadi pengusaha tambang, siapakah mereka ini, berikut daftarnya:


1. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong adalah orang terkaya di Indonesia yang berstatus sebagai pengusaha tambang batubara di Indonesia. Beliau merupakan pendiri dan pemilik perusahaan pertambangan batubara terbesar di Indonesia, yaitu PT Bayan Resources.

Bayan Resources mempunyai lokasi penambangan di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan dengan total luas penambangan mencapai 126.293 hektar. Kekayaan Low Tuck Kwong mencapai Rp 188.76 triliun.


2. Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir adalah seorang pengusaha tambang batubara yang juga menjabat sebagai CEO Adaro Energy. Adaro Energy dibawah naungan anak perusahaannya PT Adaro Indonesia adalah perusahaan pertambangan produsen batubara terbesar di Indonesia dan dunia.

gambar excavator sedang memuat batubara ke truk tambang
Gambar penambangan batubara

Wilayah penambangan PT Adaro Indonesia terbesar terletak di Kalimantan Selatan dengan produksi batubara pada tahun 2021 mencapai 43,2 juta ton batubara. Adaro Indonesia juga memiliki anak perusahaan yang bergerak di bisnis kontraktor pertambangan.

Pada tahun 2022, Garibaldi Thohir memiliki kekayaan sebesar 3,4 miliar dolar As atau sekitar Rp 53,75 triliun.

3. Dewi Kam

Dewi Kam merupakan pengusaha tambang batubara dengan kepemilikan saham di tambang batubara Bayan Resources. Dewi Kam memiliki kekayaan berlimpah sebesar 2 miliar dolar AS atau setara Rp 31,17 triliun.

4. Arini Subianto

Arini Subianto adalah seorang wanita yang menduduki orang terkaya di Indonesia karena menjalankan bisnis tambang batubara dengan kepemilikan portofolio perusahaan Persada di perusahaan pertambangan batubara terbesar di dunia Adaro Energy. Memiliki kekayaan mencapai 1,5 miliar dolar AS (Rp 23,4 triliun).

5. Kiki Barki

Kiki Barki adalah seorang pengusaha tambang batubara dan nikel dengan nama induk perusahaan Harum Energy. Kekayaannya diperoleh dari kepemilikan tambang batubara di Kalimantan Timur dan saham di perusahaan tambang batubara Rio Tinto.

gambar alat berat sedang menggali nikel
Gambar penambangan nikel

Beliau juga memiliki konsesi tambang nikel di Maluku Utara dan Australia. Kekayaan Kiki Barki mencapai 1,3 miliar dolar AS atau Rp 20,27 triliun dan duduk di posisi 30 orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Penutup

Dominan orang terkaya di Indonesia yang menggeluti pekerjaan sebagai pengusaha tambang mendapatkan kekayaannya dari sektor pertambangan terutama bahan tambang batubara dan nikel. Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan kepemilikan cadangan dan produsen batubara dan nikel terbesar di dunia.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar. Demikian ulasan singkat mengenai “ Top 5 Pengusaha Tambang di Indonesia, Nomor 1 Orang Terkaya di Indonesia “ Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Top 5 Pengusaha Tambang di Indonesia, Nomor 1 Orang Terkaya di Indonesia"