Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Keunggulan Energi Terbarukan, Salah Satunya Menyelamatkan Bumi Kita

gambar ilustrasi energi terbarukan
Gambar ilustrasi energi terbarukan (renewable energy)

" Energi terbarukan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan energi fosil yang dikenal sumber energi yang tidak ramah lingkungan "

Kebutuhan akan energi listrik sudah semakin besar didukung oleh bertambahnya jumlah penduduk, bertambahnya jumlah rumah hunian dan berkembangnya berbagai sektor industri sehingga dibutuhkan peningkatan rasio energi listrik terutama di Indonesia.

Pembangkit listrik dibangun untuk menghasilkan energi listrik. Pembangkit listrik menggunakan berbagai sumber daya alam untuk menghasilkan listrik. Pembangkit listrik yang menggunakan batubara, minyak dan gas bumi disebut dengan energi fosil.

Sedangkan, pembangkit listrik yang memanfaatkan sumber daya alam air, angin dan matahari disebut dengan energi terbarukan.

Pembangkit listrik yang bersumber dari energi terbarukan merupakan sumber energi prioritas untuk dikembangkan. Energi fosil akan dihentikan secara perlahan karena menghasil berbagai gas berbahaya bagi manusia dan bumi serta mengantisipasi habisnya sumber daya alam berbasis energi fosil.

Pengertian Energi Terbarukan

Energi terbarukan adalah sumber energi listrik yang memanfaatkan sumber daya yang ada di alam dan dapat diperbaharui atau dapat digunakan secara terus - menerus, seperti air, angin dan matahari.

Sebelumnya, mari berkenalan dengan energi terbarukan di Indonesia. Di Indonesia sendiri potensi dan pengembangan energi terbarukan sudah cukup besar. Beberapa potensi ini sudah dikembangkan dan dikelola untuk memasok listrik bagi negara, salah satunya, pembangkit listrik tenaga air.

Potensi Energi terbarukan di Indonesia

Apa sajakah sumber energi terbarukan di Indonesia yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik dan menjadi pilihan energi alternatif menggantikan energi fosil di masa yang akan datang:

1. Pembangkit Listrik Tenaga Air (Hydroelectric Power Plant)

Pembangkit listrik tenaga air (plta) adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi potensial dan energi kinetik dari air yang diubah menjadi energi listrik melalui komponen turbin dan generator.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (Geothermal Energy Power Plant)

Pembangkit listrik tenaga panas bumi (pltp) adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan panas bumi (magma) untuk memanaskan cairan/air yang konversi menjadi uap untuk memutar turbin. Turbin akan memutar generator untuk menghasilkan energi listrik.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Solar Panel Power Plant)

Pembangkit listrik tenaga surya (plts) khususnya soler panel, masuk dalam daftar energi terbarukan. Memiliki cara kerja menangkap radiasi matahari (photovoltaic) yang diubah menjadi energi listrik.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (Wind Power Plant)

Pembangkit listrik tenaga bayu (pltb) sistem kerjanya mengubah aliran energi angin, yaitu dengan memutar kincir angin. Putaran dari kincir angin ini akan memutar turbin yang terpasang sehingga menghasilkan energi listrik melalui generator.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (Biogas Power Plant)

Pembangkit listrik tenaga biogas (pltbg) adalah pembangkit listrik energi baru terbarukan yang memanfaatkan limbah cair dari pengolahan kelapa sawit yang mengandung gas metan (CH4) sering disebut dengan Palm Oil Mill Effluent (POME).

Keunggulan dari Energi Terbarukan

Beralihnya penggunaan energi fosil ke energi terbarukan didasari oleh banyaknya keunggulan maupun kelebihan dari energi terbarukan. Bahkan, salah satu wacana yang dibahas pada pertemuan pemimpin G20 di Bali adalah transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan.

gambar pertambangan minyak dan pembangkit listrik tenaga bayu
Gambar energi fosil vs energi terbarukan

Nah, penting diketahui apa saja keunggulan dari penggunaan energi terbarukan dimasa yang akan datang. Berikut 5 keunggulan dari pemanfaatan dari energi terbarukan (renewable energy):

1. Ramah Lingkungan

Sumber energi listrik berbasis energi terbarukan dikenal tidak menghasilkan berbagai jenis gas dan partikel yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan disekitarnya. Ini disebabkan karena pembangkit listrik berbasis energi terbarukan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak menggunakan sistem pembakaran.

2. Harga Lebih Murah

Pembangkit listrik yang berbasis energi terbarukan memiliki kelebihan soal harga lebih murah, terutama untuk biaya kontruksi dan persediaan bahan baku karena menggunakan bahan - bahan yang sudah tersedia dan dapat digunakan secara terus menerus.

3. Mengurangi Pemanasan Global

Pemanasan global dan perubahan iklim adalah masalah yang sangat serius yang sedang dialami oleh umat manusia di bumi ini. Penggunaan energi fosil yang berlebihan mengakibatkan meningkatnya produksi gas karbon dioksida pembentuk gas rumah kaca penyebab utama pemanasan global.

4. Mendukung Kendaraan Listrik

Kendaraan listrik terutama mobil dan motor listrik merupakan pilihan alternatif kendaraan untuk menggantikan jenis kendaraan konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil minyak dan gas.

Butuh sumber energi listrik untuk mendukung peralihan dari kendaraan konvensional ke kendaraan berbahan bakar listrik. Sumber energi listrik berbasis energi terbarukan merupakan solusi untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik.


5. Sumber Energi di Masa Depan

Semakin menipis dan akhirnya akan habisnya cadangan sumber daya alam berbasis energi fosil, seperti batubara, minyak dan gas bumi membuat sumber daya alam berbasis energi terbarukan menjadi pilihan utama untuk memasok persediaan pasokan listrik dimasa yang akan datang.

Penutup

Saat ini, semua negara di dunia termasuk Indonesia mendukung dan sedang  mengembangkan sumber energi listrik berbasis energi terbarukan. Energi terbarukan menjadi pilihan utama menggantikan energi fosil karena mempunyai potensi yang sangat besar dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan energi fosil.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar. Demikian ulasan singkat mengenai " 5 Keunggulan Energi Terbarukan, Salah Satunya Menyelamatkan Bumi Kita " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "5 Keunggulan Energi Terbarukan, Salah Satunya Menyelamatkan Bumi Kita"