Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PT GNI, Produsen Nikel NPI Terbesar di Indonesia

gambar pengolahan dan pemurnian nikel

" PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) akan menempati posisi pertama sebagai produsen Nickel Pig Iron terbesar di Indonesia "

Seperti diketahui, Indonesia adalah pemilik cadangan nikel jenis laterit terbesar di Indonesia, bahkan pada tahun 2021, Indonesia menjadi produsen nikel terbesar di dunia dengan produksi mencapai 2 juta ton.

Bijih nikel yang telah diolah akan digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan baja tahan karat (stainless steel) dan bahan baku pembuatan baterai listrik jenis lithium-ion.

Semakin tingginya permintaan nikel terutama untuk bahan baku paduan baja tahan karat telah meningkatkan investasi dari berbagai negara di Indonesia untuk menanamkan modal di industri pertambangan nikel dan industri pengolahan dan pemurnian nikel.

Kelebihan Logam Nikel

Kelebihan logam nikel dibandingkan logam lainnya adalah titik lelehnya mencapai 1453 derajat celcius (tinggi), ketahanan terhadap korosi dan oksida, mudah dibentuk, konduktivitas panas dan listrik yang baik, sifat feromagnetik, serta kekuatan dan ketangguhan yang baik pada temperatur tinggi.

Kelebihan logam nikel dari sifat fisik dan kimia ini menjadikan nikel sebagi logam yang dapat dipadukan dengan berbagai jenis logam lain untuk menghasilkan produk barang untuk kebutuhan manusia sehari - hari.

Pabrik Pengolahan Nikel PT Gunbuster Nickel Industry

PT GNI merupakan salah satu pabrik pengolahan dan pemurnian bijih nikel atau sering disebut smelter yang menggunakan teknologi Pirometalurgi dan dibangun dekat dengan penambangan bijih nikel di Sulawesi Tengah. 

Teknologi pirometalurgi adalah pengolahan dan pemurnian nikel yang diterapkan untuk bijih nikel saprolite (jenis nikel laterit) yang dikenal mengandung nikel yang tinggi dan kandungan oksida besi (FeO) lebih rendah dari pada bijh nikel limonite.

Lokasi pabrik PT GNI sendiri terletak di Bungitimbe, Petasia, Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah. Daerah Sulawesi Tengah merupakan salah satu daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia sehingga pabrik PT GNI dekat dengan perusahaan pertambangan nikel.

PT GNI adalah pabrik pengolahan nikel menjadi barang setengah jadi NPI (Nickel Pig Iron dengan kapasitas produksi tahunan mencapai 2.000.000 ton NPI dengan kadar nikel 10 - 12% Ni dan memiliki kapasitas input bijih nikel 21.600.000 ton.

Seperti diketahui, PT Gunbuster Nickel Industry adalah pabrik yang dibangun atas investasi dari negara Tiongkok (China) dengan tujuan mengolah bijih nikel menjadi NPI untuk kebutuhan pasar pabrik baja tahan karat.

Kapasitas produksi PT GNI Ini akan menjadi produksi NPI terbesar di Indonesia, dibandingkan pabrik NPI lainnya, terutama di wilayah Sulawesi yang telah berdiri sebelumnya. 

Produk Nickel Pig Iron

Saat ini, bijih nikel paling banyak diolah menjadi tiga produk, yaitu FeNi (ferro nikel), nikel matte dan NPI. Industri pengolahan dan pemurnian nikel terbesar di Indonesia adalah pabrik NPI, yaitu mencapai produksi 604 ribu ton, data 2021 (ESDM).

Nickel Pig Iron merupakan salah satu produk olahan nikel yang permintaannya sangat besar akhir - akhir ini. NPI digunakan untuk bahan pembuatan produk baja tahan karat atau stailess steel. Produk NPI sendiri memiliki standar kadar nikel 5 - 15% Ni.

gambar aplikasi baja tahan karat

Sedangkan, Ferro nikel adalah produk olahan nikel yang memiliki kadar nikel 16 - 30% Ni.  Nikel matte adalah produk olahan nikel yang memiliki kandungan kadar nikel sebesar 40 - 75% Ni.

Perusahaan pabrik pengolahan dan pemurnian nikel yang sebelumnya sudah memproduksi nikel NPI di Indonesia adalah PT Bukit Smelter Indonesia dengan produksi 150.000 ribu ton per tahun.

Sedangkan, perusahaan produsen ferro nikel terbesar di Indonesia adalah PT Aneka Tambang Tbk dengan produksi FeNi 125.700 ton per tahun dan PT Vale Indonesia sebagai perusahaan produsen nikel matte terbesar dan satu - satunya di Indonesia dengan produksi nickel matte 94.300 ton per tahun.

Sebagai informasi tambahan, sampai saat ini, jumlah pabrik pengolahan dan pemurnian nikel menjadi nickel pig iron (npi) dengan teknologi pirometalurgi masih lebih banyak dibandingkan pabrik pengolahan nikel untuk ferro nikel dan nikel matte.

Banyaknya berdiri pabrik pengolahan dan pemurnian, termasuk smelter nikel di Indonesia adalah untuk mendukung kebijakan pemerintah Indonesia melarang ekspor nikel dalam bentuk bahan mentah (bijih nikel) dan lebih menekankan hilirisasi bahan tambang di dalam negeri.

Demikian ulasan singkat mengenai " PT GNI, Produsen Nikel NPI Terbesar di Indonesia " Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar, Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "PT GNI, Produsen Nikel NPI Terbesar di Indonesia"