Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Manfaat Bendungan Bagi Masyarakat

gambar bendungan atau waduk
Gambar bendungan

“ Bendungan atau waduk dikenal memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia terutama kebutuhan akan cadangan air yang berlimpah “

Waduk atau bendungan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, termasuk peningkatan persediaan air, antisipasi banjir, sebagai pembangkit listrik, serta mempromosikan pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, waduk dan bendungan menawarkan banyak keuntungan bagi manusia.

Pengertian Bendungan

Waduk atau bendungan adalah bangunan yang dibuat melintang aliran air atau sungai yang bertujuan untuk menghambat laju air sehingga air berkumpul pada satu wadah. Air yang terkumpul dapat digunakan untuk berbagai kepentingan masyarakat.

Manfaat Bendungan dan Waduk

Manfaat Bendungan atau waduk adalah meningkatkan perekonomian dan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik, yaitu dengan persediaan air untuk pertanian, persediaan air baku dan pasokan listrik untuk keperluan hidup sehari - hari.

Sedangkan, pada pembangkit listrik tenaga air bendungan berfungsi untuk menahan laju air sungai untuk meningkatkan tinggi muka air agar debit air dapat memutar turbin dengan cepat sehingga menghasilkan energi listrik.

Nah, apalagi manfaat dari dibangunnya bendungan atau waduk bagi masyarakat sekitar. Inilah 5 manfaat bendungan untuk kehidupan manusia:

1. Meningkatkan Keselamatan Pengolahan Air dan Kelistrikan.

Bendungan memainkan peran penting dalam pengolahan air dan kelistrikan. Olahan air memberikan masyarakat lokal akses ke air berkualitas tinggi, yang dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti demam berdarah. Pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air juga berpotensi membantu penurunan emisi karbon dan pembuatan energi hijau.

2. Menyediakan Pendanaan untuk Pembangunan Infrastruktur.

Selain menawarkan langsung ke masyarakat lokal, bendungan juga dapat menyediakan tambahan pendanaan untuk pembangunan infrastruktur. Beberapa negara telah memulai operasi " sistem biaya penggunaan air" yang mensubsidi proyek - proyek terkait air atau energi dari biaya mandiri penggunaan air. Dana ini didasarkan pada prinsip bahwa semakin banyak manfaat yang diperoleh, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

3. Memberikan Pengguna Lahan Alternatif untuk Manfaat Masyarakat.

Bendungan juga memberikan peluang pengguna lahan alternatif. Ini memungkinkan masyarakat setempat untuk mengembangkan produksi pertanian dan ekonominya sendiri, karena lebih banyak air tersedia untuk penggunaan irigasi daripada sebelumnya. 

Pembangunan wilayah juga dapat dioptimalkan oleh penggunaan alternatif lahan ini, sehingga memungkinkan peningkatan aktivitas ekonomi baru yang memicu pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih baik.

4. Menyediakan Sumber Irigasi untuk Usaha Pertanian & Perikanan.

Salah satu manfaat bendungan adalah air yang tersedia untuk mengairi lahan pertanian dan perikanan pada masyarakat di sekitar pengumpulan air, memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi peluang usaha pertanian dan perikanan baru. 

Selain peningkatan ketersediaan irigasi, keberadaan kolam dengan air terkumpul juga memberikan habitat unik yang memungkinkan bagi ikan dan makhluk laut lainnya, yang dapat dimanfaatkan oleh penduduk setempat.

5. Meningkatkan Efisiensi dan Lokasi pembuangan limbah air sesuai Undang-Undang Lingkungan.

Waduk dapat mengendalikan aliran air dan membantu mencegah kualitas air tanah di bawahnya tercemar. Dengan pengaturan air, bendungan dapat diandalkan untuk memberikan jalur yang aman, terlindungi dan efisien bagi limbah domestik dan industri yang dilepaskan ke lingkungan. 

Seringkali, waduk yang lebih besar dipilih sebagai lokasi akhir limbah air untuk memastikan bahwa mereka tidak mengganggu area penduduk di sekitarnya.

Jadi, tidak salah semua negara di dunia ini, termasuk Indonesia sangat memprioritaskan pembangunan bendungan atau waduk di setiap daerah karena memiliki manfaat dan dampak yang besar bagi perekonomian masyarakat disekitarnya. Karena air adalah sumber kehidupan.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar. Demikian ulasan singkat mengenai “ Ketahui Manfaat Bendungan Bagi Masyarakat “ Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Ketahui Manfaat Bendungan Bagi Masyarakat"