Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Nikel?, Cadangan dan Larangan Ekspor Bahan Mentah Nikel


Gambar Bijih Nikel (sumber : www.antam.com)

" Kemajuan dan kecanggihan teknologi saat ini sangat berkembang cepat baik dalam industri elektronik, transportasi dan peralatan rumah tangga membutuhkan bahan baku logam "

Kemajuan yang sangat pesat ini harus diimbangi dengan penyediaan kebutuhan bahan mentah (raw material) dan barang jadi logam untuk mendukung kelancaran di setiap industri ini.

Bahan - bahan yang dibutuhkan untuk industri tersebut kebanyakan diperoleh dan diambil dari kerak bumi lewat industri pertambangan yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang memiliki kekayaan sumber daya logam.

Bahan tambang seperti logam Besi (Fe), Timah (Sn), Tembaga, Aluminium (Al) dan Nikel (Ni), Kobalt (Co) adalah bahan-bahan logam yang permintaannya meningkat saat ini. Sedangkan, salah satu logam yang paling dibutuhkan di dekade terakhir ini adalah logam nikel.

Apa itu Nikel?

Nikel adalah logam yang memiliki ciri - ciri, warna putih keperak - perakan dengan karakteristik kuat, tahan panas, ringan dan tahan karat dengan rumus kimia Ni. Memiliki daya hantar listrik dan panas yang baik sehingga cocok digunakan untuk pelapis tembaga, besi dan aluminium untuk menghindari korosi.

Nikel pertama kali ditemukan dan dikembangkan oleh Cronstedt pada tahun 1751, dalam mineral yang disebut Nikolit (Kupfernikel), yang ditemukan di daerah Sudbury, Ontario, Kanada, daerah penghasil 30% nikel kebutuhan dunia akan logam nikel.

Jenis Nikel Indonesia

Indonesia memiliki cadangan nikel jenis nikel laterit yang didefenisikan sebagai nikel yang dihasilkan dari pelapukan yang kuat pada daerah tropis, lembab dan hangat, yang kaya akan lempung kaloninit sebagai oksidasi dan oksihidroksida dari Fe dan Al, dengan kadar Ni nya relatif rendah 1- 2% Ni.

Kelebihan nikel laterit secara ekonomis adalah mengandung logam aluminium dan logam kobalt yang biasanya memiliki lapisan penutup seperti overburden yang relatif lunak, sehingga memudahkan di dalam penggalian dengan alat berat.



Gambar Peta penyebaran cadangan nikel Indonesia dan Dunia

Sedangkan negara - negara penghasil nikel lainnya, seperti Kanada dan Australia memiliki cadangan nikel berjenis nikel sulfida. Jenis nikel sulfida banyak digunakan di industri seluruh dunia.

Cadangan Nikel di Indonesia

Indonesia sendiri ditaksir mempunyai cadangan terbukti nikel lebih dari 1 miliar ton. Sebaran cadangan nikel yang paling besar terdapat di daerah Indonesia bagian Timur. Persebaran nikel di Indonesia dan sebaran pertambangan nikel di Indonesia saat ini, antara lain terdapat di pulau Sulawesi (Sulawesi Tenggara dan Selatan), Maluku, dan Papua.

Penambangan nikel

Penambangan nikel dilakukan dengan metode tambang terbuka (Open Pit Mining) dan tambang bawah tanah. Metode tambang terbuka dilakukan dengan cara pengelupasan lapisan tanah penutup (Overburden) dan top soil, baik dengan menggunakan alat mekanis maupun dengan sistem peledakan.

Kemudian ore nikel atau bijih nikel, dimuat dan diangkut ke tempat penimbunan sementara untuk diolah untuk memisahkan bijih nikel dari bahan pengotor lainnya atau langsung dikirim ke konsumen dalam bentuk konsentrat (bahan mentah).

Di Indonesia sendiri rata - rata lapisan penutup (overburden) nikel bersifat lunak karena hasil dari pelapukan batuan induk sehingga kebanyakan sistem pengelupasan lapisan penutupnya dilakukan dengan alat mekanis/alat berat.

Pengolahan dan Pemurnian Nikel

Pengolahan Nikel Secara umum, sistem pengolahan nikel dibagi menjadi dua jenis poduk nikel yang saat ini dikirim ke konsumen, yaitu Nikel Ore atau bijih nikel (bahan mentah), merupakan mineral atau agregat mineral logam yang mengandung nikel dengan kadar rendah.

Selanjutnya, nikel diolah menjadi produk barang jadi nikel, yaitu Ferronikel dan nickel matte. Feronikel adalah produk metalurgi berupa Alloy (logam paduan) antara besi (Ferrum) dengan kadar nikel yang lebih tinggi . Produk jadi nikel dibuat untuk industri baterai lithium-ion, pelindung tembaga, industri textil, pembuat magnet dan peralatan rumah tangga.

Gambar Sendok stainless steel dari olahan nikel

Sedangkan, paduan nikel dengan kelebihan pada temperatur tinggi digunakan untuk komponen mesin jet, roket, pembangkit listrik tenaga nuklir, penanganan makanan, peralatan pengelolaan kimia, koin dan perangkat kapal laut. Sedangkan perpaduan nikel, krom dan besi menghasilkan baja tahan karat atau Stainless Steel.

Perusahaan Pertambangan Nikel

Salah satu produsen nikel terbesar di Indonesia saat ini adalah PT. Vale Indonesia yang dulu bernama PT. INCO terletak di Sorowako, Sulawesi Selatan. Kemudian diikuti oleh PT. Aneka Tambang (ANTAM) yang memiliki lokasi pertambangan nikel daerah Morowali di Sulawesi dan Halmahera.

Larangan Ekspor Bahan Mentah Nikel

Sayangnya, saat ini nikel indonesia banyak diekspor dalam bentuk raw material (bahan mentah), sehingga harga jualnyapun sangat murah. Jika diolah ke dalam bentuk barang jadi seperti ferronikel dan nikel matte, harga nikel Indonesia akan melonjak tinggi.

Maka, sangat diperlukan sekali dukungan pemerintah untuk meningkatkan pengolahan nikel, seperti dukungan kemudahan perizinan, peraturan dan perundang-undangan yang jelas dan transparan.

Kemudian lokasi yang strategis dan perizinan yang mudah untuk pembangunan smelter dan dukungan power plant atau kebutuhan tenaga listrik yang besar untuk meningkatkan nilai jual nikel Indonesia.

Dukungan ini bisa terlihat dengan dikeluarkannnya surat keputusan Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) dengan Nomor : 549.Pers/04SJI/2019 per tanggal 2 September 2019 tentang " Bijih Nikel Tidak Boleh Diekspor Lagi per Januari 2020 ".

Kebijakan ini dikeluarkan pemerintah agar perkembangan pembangunan smelter khususnya smelter nikel dapat berjalan lebih cepat dan tentu saja harga produk nikel Indonesia dihargai lebih mahal.

Penutup 

Keputusan ini bisa menjadi salah satu komitmen pemerintah untuk membatasi volume ekspor bijih nikel. Kemudian menjaga nikel Indonesia agar tetap bernilai jual tinggi dalam bentuk barang jadi seperti Nikel Matte.

Dukungan dan komitmen ini harus di awasi, dilaksanakan dan ditingkatkan sedemikian rupa, agar hasil bumi Indonesia bermanfaat bagi negara dan masyarakat Indonesia.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat "Apa itu Nikel ? Cadangan dan Larangan Ekspor Bahan Mentah Nikel (Raw Material)" Semoga Bermanfaat.


Dp.

1 comment for "Apa itu Nikel?, Cadangan dan Larangan Ekspor Bahan Mentah Nikel"

  1. Nikel adalah mineral logam yang digunakan sebagai bahan baku terbaik baterai lithium ion

    ReplyDelete