Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahan - Bahan Tambang yang Digunakan di Industri Kosmetik dan Industri Keramik

gambar metode penambangan open pit
Gambar aktivitas penambangan bahan galian industri kalsit

" Bahan Galian Industri (BGI) adalah bahan galian yang ditambang dari perut bumi untuk digunakan untuk kebutuhan industri. Berbagai macam bahan bahan galian tidak kita sadari kita gunakan sehari-hari bahkan kita gunakan untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari "

Sebagai contoh kaca, kaca yang kita gunakan untuk bercermin bahan utamanya berasal dari mineral kuarsa yang diolah sedemikian rupa hingga bisa kita gunakan sampai sekarang.

Dalam kesempatan ini konstruksi besar akan membahas bahan galian industri yang digunakan sebagai bahan untuk bahan kosmetik seperti bedak dan lainnya.

Jenis Bahan Galian Industri (BGI) 


#Kalsit

Saat ini pemanfaatan batu kalsit sudah meluas di berbagai industri ada tercatat 23 industri, baik digunakan untuk bahan tambahan maupun bahan utama. Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan industri kalsit juga digunakan untuk sektor pertanian.
batuan kalsit
Kalsit (sumber :Earth.com)

Endapan kalsit merupakan hasil retrukturisasi batu gamping yang mengkristal setelah mengalami pelarutan, biasa ditemukan dalam bentuk stalakmit dan stalaktif. Kalsit memiliki rumuns kimia CaCo3.

Potensi dan Jumlah Cadangan di Indonesia Berdasarkan data ESDM tahun 1991 adalah jumlah cadangan yang sudah diselidiki (tereka) adalah 10,1 juta ton yang sebagian besar terdapat di Sumatera Barat (10 juta ton) dan Bagelan, Kabupaten Purwokerto, Jawa Tengah (0,1 juta ton).


Endapan kalsit banyak ditemukan di daerah pegunungan dan perbukitan, sehingga penambangan batu kalsit dilakukan dengan metode tambang terbuka atau sering disebut kuari dan hanya sebagian kecil dilakukan penambangan di daerah gua - gua kapur.


Standarisasi Pemanfaatan Kalsit

Dalam industri kosmetik kalsit harus mempunyai spesifikasi seperti :
Permukaan : 6 - 11 6 – 11 m²/g
Ukuran butir : 0,2 – 0,4 ʮ
Kecerahan : 98 - 99 %


Pemanfaatan Kalsit

Pemakain Filler untuk kosmetik antara lain sebagai berikut :
Filler pada cream pelembab pria dan wanita
Pembawa perfume
Filler untuk make up dan penahan sinar matahari
Untuk penggunaan pasta gigi.


#Talk

Semakin meningkatnya pembangunan di Indonesia semakin besar juga permintaan kebutuhan bahan, sehingga meningkatkan perkembangan industri di Indonesia seperti industri kosmetik, industri cat dan industri keramik. 

Dimana ini  menandakan bahwa kebutuhan terhadap komoditas mineral talk ikut meningkat, baik sebagai bahan baku utama maupun bahan baku penolong.

Endapan batu talk dapat terbentuk hampir disetiap benua dan negara, dengan jumlah endapan hampir semuanya sama. Sebagian besar batuan induk untuk formasi talk merupakan batuan dolomit batuan beku ultra-mafik. 

Talk adalah mineral yang sangat lunak dengan komposisi 3mg4SiO H2O. Endapan batu talk banyak ditemukan di Amerika dan Inggris.

Sebagian besar talk ditambang dengan cara penambangan terbuka (open pit mining), akan tetapi cara penambangan dalam (underground mining) akhir-akhir ini banyak digunakan, tentunya dengan alasan-alasan tertentu, misalnya berdasarkan letak lokasi endapan.


Standarisasi Pemanfaatan Talk

Beberapa standar untuk kosmetik agar talk bermutu tinggi antara lain : standar kosmetik dari Johnson and Johnson Australia, yang menggunakan talk dengan standar utama dari Mt Filton adalah sebagai berikut :
dapat melarutkan asam (1,25%)
Bulk density (20-25 pcf)
Licin, tidak kasar dan harus melekat pada kulit
Fe203 (0,3%)
Min 200 mesh (98,5%)
Min 100 mesh (100%)

Standar talk untuk kosmetik dari Britidh Pharma-coepie adalah antara lain:
sangat putih bedak/tepungnya;
netral (acidity alkality test)
meyerap asam (1% maks)
meyerap air (0,5%)
kekeringan (105) (1% maks)
pembakaran (1000) (6%)


Pemanfaatan Talk

Sampai saat ini pengolahan dan pemanfaatan dari mineral talk yang digunakan antara lain untuk:
Bedak bayi
Bedak badan
Tepung halus
Bahan bulu mata
Pewarna muka
Anti praspiran
Cream dan latiom
Penghalus
Pewarna
Kemurnian
Pengharum
Penahan bau.


#Kaolin

Kebutuhan akan mineral kaolin semakin meningkat seiring permintaan beberapa industri terutama kebutuhan industri kosmetik. Kaolin merupakan massa batuan yang tersusun dari mineral lempung dengan kandungan besi yang rendah. Kaolin mempunyai komposisi Aluminium Silikat (Al2O3 2SiO2 2H2O).

Nama kaolin berasal dari bahasa China " Kauling" yang berarti pegunungan tinggi. Dua proses geologi pembentukan kaolin yaitu proses pelapukan dan proses hidrotermal alterasi, batuan beku feldspartik. Mineral - mineral potas aluminium silika dan feldspar diubah menjadi kaolin.


gambar pecahan batuan kaolin
Kaolin (sumber : globalminechem.com)

Berdasarkan penyelidikan diketahui Indonesia memiliki cadangan 7,2 juta ton, meliputi daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Pulau Bangka dan Belitung. 

Penambangan batu kaolin biasanya dilakukan dengan cara tambang terbuka atau Quarry Mining dan dengan cara semprot dengan air.

Pemanfaatan Kaolin

Pemanfaatan kaolin banyak digunakan untuk industri cat, industri keramik dan farmasi. sedangkan di industri kosmetik kaolin banyak dimanfaatkan untuk bahan bedak dan lation untuk kulit.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat"Bahan - Bahan Tambang yang Digunakan di Industri Kosmetik dan Industri Keramik". Semoga Bermanfaat.



Dp.

Post a Comment for "Bahan - Bahan Tambang yang Digunakan di Industri Kosmetik dan Industri Keramik"