Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 5 Negara Pemilik Bahan Tambang Terbesar di Dunia

gambar tambang emas
Gambar tambang emas, salah satu kekayaan sumber daya alam

" Apakah Anda tahu bahwa beberapa negara di dunia ini, mengandalkan sumber daya alam bahan tambang untuk memperkuat ekonominya "

Sumber daya alam (SDA) yang berlimpah merupakan keuntungan yang sangat besar bagi suatu negara. Sumber daya alam dapat menjadi penopang perekonomian bagi negara tersebut.

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam yang berharga dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan umat manusia.

Dengan memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat besar terutama bahan tambang, maka akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat, industri sampai perekonomian negara tersebut.

Jenis Sumber Daya Alam

Jenis sumber daya alam di bumi ini bermacam - macam. Ada sumber daya alam bahan tambang, hasil perkebunan, hasil kehutanan, bahkan air, matahari dan panas bumi juga merupakan sumber daya alam.

Sumber daya alam bahan tambang adalah bahan berharga yang terdapat pada kerak bumi yang dapat diambil dengan proses pertambangan. Bahan tambang, antara lain; mineral logam (emas, tembaga, timah, nikel), minyak bumi dan gas alam.

Nah, negara mana saja di dunia ini yang memiliki kekayaan sumber daya alam berlimpah, terutama bahan tambang, sehingga menjadi negara kaya dan dengan perekonomian yang kuat?.

Negara Pemilik Bahan Tambang Terbesar

Berikut daftar 5 negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam bahan tambang yang mengandalkan industri pertambangan untuk menopang perekonomian negara tersebut. Cek daftarnya di bawah ini: 

1. Arab Saudi

Arab Saudi adalah negara pemilik cadangan minyak bumi dan gas alam terbesar di dunia. Kuatnya pereknonomian Arab Saudi, terutama ditopang oleh produksi dan ekpor minyak bumi keberbagai negara di Eropa, Amerika dan Asia.

Pada tahun 2020, diperkirakan Arab Saudi memiliki cadangan minyak bumi terbesar di dunia dengan jumlah cadangan mencapai 40,9 miliar metrik ton atau sekitar seperlima dari seluruh cadangan minyak bumi dunia.

2. Rusia

Rusia adalah negara yang mempunyai cadangan gas bumi terbesar di dunia. Perekonomian Rusia terutama ditopang oleh pertambangan gas bumi yang sebagian besar diekspor ke berbagai negara di Eropa.

gambar pompa tambang minyak dan gas bumi
Gambar tambang minyak dan gas bumi

Rusia memiliki cadangan gas alam terbukti terbesar di dunia dengan jumlah 37,4 triliun meter kubik, mengalahkan Iran dan Qatar yang berada di posisi kedua dan ketiga.

3. Uzbekistan

Uzbekistan adalah negara dengan cadangan bijih emas terbesar di dunia. Tambang emas yang terletak di negara tersebut, yaitu tambang emas Muruntau dan diberbagai lokasi lainnya. Berdasarkan Forbes, tambang Emas Muruntau adalah tambang yang memiliki cadangan emas terbesar di dunia dengan jumlah mencapai 5.300 ton emas.

4. Indonesia

Indonesia adalah negara yang mempunyai cadangan bijih nikel terbesar di dunia dengan jumlah cadangan mencapai 21 juta metrik ton. Pada tahun 2021, jumlah cadangan nikel dunia sebesar 95 juta metrik ton. 

Indonesia juga mendapat predikat sebagi negara dengan produksi nikel terbesar di dunia. Pada tahun 2021, produksi nikel Indonesia mencapai 2 juta ton. Saat ini, Indonesia sedang memperkuat perekonomiannya dengan hilirisasi nikel di dalam negeri.

5. China

China adalah negara dengan jumlah cadangan tembag terbesar di dunia. Berdasarkan statista.com, China memiliki cadangan terbukti tembaga sebesar 26 juta metrik ton. China (Tiongkok) adalah negara dengan perekonomian terkuat kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Penutup

Pengelolaan sumber daya alam yang baik, maka akan memberikan keuntungan yang sangat besar untuk memperkuat sistem perekonomian negara. Kekayaan sumber daya alam haruslah dimaksimalkan dengan pengelolaan dan pengolahan di dalam negeri dengan sumber daya manusia yang tersedia.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar. Demikian ulasan singkat mengenai " Top 5 Negara Pemilik Bahan Tambang Terbesar di Dunia " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Top 5 Negara Pemilik Bahan Tambang Terbesar di Dunia"