Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Target Produksi Emas PT Freeport Indonesia Mencapai 1,8 Juta di 2023

Gambar tambang terbuka PT Freeport Indonesia
Gambar tambang terbuka PT Freeport Indonesia (Gambar:ptfi.co.id)

" Salah satu tambang emas dan tembaga terbesar di dunia, PT Freeport Indonesia menargetkan produksi emas sebesar 1,8 juta ons pada tahun 2023 "

Saat ini, PT Freeport Indonesia (PTFI) adalah anak perusahaan dari PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) dengan porsi saham 51% sehingga menjadi operator utama di tambang tersebut. PT Freeport Indonesia mengelola tambang emas Grasberg di Tembagapura, Provinsi Papua.

Tambang Emas Grasberg

Tambang emas Grasberg adalah tambang emas terbesar di Indonesia, bahkan dunia yang menambang bijih emas dan tembaga. Tambang ini menerapkan metode tambang terbuka jenis Open Pit dan tambang bawah tanah jenis Caving Block.

Tambang emas dan tembaga PT Freeport Indonesia adalah salah satu tambang terbuka jenis Open Pit terbesar di dunia. Selain itu, di daerah Grasberg ini diperkirakan menyimpan cadangan tembaga ketiga terbesar di dunia.

Cadangan emas PTFI diperkirakan akan habis seiring berakhirnya kontrak karya, yaitu pada tahun 2041. Tambang bawah tanah terpanjang milik PTFI juga menghasilkan rata - rata 3 juta ton konsentrat per tahunnya.

Produksi Emas dan Tambaga 

Berdasarkan data mining.com, produksi tembaga PT Freeport Indonesia pada tahun 2023 diperkirakan sekitar 1,6 miliar pound atau sekitar 725.748 ton. Produksi ini sama dengan tahun 2022, seperti di ungkapan kepala eksekutif perusahaan, Tony Wenas.

gambar bijih emas
Gambar bijih emas

Sedangkan produksi emas pada tahun 2023 ini, ditargetkan sekitar 1,8 juta ons. Angka ini naik sekitar 12,5% dibandingkan dengan produksi emas tahun lalu, yaitu sekitar 1,6 juta, lanjut Wenas.

Pabrik Smelter terbesar di Dunia

Sebentar lagi, PT Freeport akan memiliki smelter terbesar di dunia. Baru - baru ini PT Freeport Indonesia melakukan tahap groundbreaking pembangunan smelter di Gresik, tepatnya di KEK Gresik, Jawa Timur. Pada acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Setelah pembangunan selesai, pabrik smelter milik PTFI ini akan menjadi smelter terbesar di dunia. Smelter ini akan mampu menghasilkan 1,7 juta ton konsentrat tembaga dan 480 ribu logam tembaga.

Pabrik smelter milik PT Freeport Indonesia ini menjadi proyek dan smelter kebanggan bagi Indonesia. Dengan adanya pabrik ini, Indonesia secara langsung dapat mengolah sendiri bahan tambangnya di dalam negeri.

Pabrik smelter ini secara langsung telah mendukung program pengolahan dan pemurnian bahan tambang di dalam negeri yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia, sehingga menjadi salah satu negara yang ikut berperan penting menyediakan logam tembaga dan emas untuk kebutuhan pasar dunia.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar. Demikian ulasan singkat mengenai " Target Produksi PT Freeport Indonesia Mencapai 1,8 Juta di 2023 " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Target Produksi Emas PT Freeport Indonesia Mencapai 1,8 Juta di 2023"