Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui 5 Perbedaan Google Maps dan Google Earth untuk Pengalaman Navigasi Terbaik

gambar google maps street view

" Kemungkinan Google Maps lebih familiar bagi Anda dari pada Google Earth karena kedua aplikasi ini memiliki perbedaan, terutama pada hal kepraktisan "

Secara umum, aplikasi peta navigasi Google Maps dan Google Earth memiliki fungsi yang sama, yaitu menampilkan gambar peta dunia secara nyata di layar ponsel pintar maupun dekstop Anda, ditambah lagi berbagai alat yang dapat digunakan untuk kebutuhan navigasi peta yang lebih kompleks.

Kedua aplikasi ini dipersenjatai oleh Google dengan gambar peta citra satelit bumi yang mutakhir dan paling update, sehingga Anda dapat melihat jelas lokasi disekitar Anda, bahkan dapat menunjukkan jelas bentuk dan letak rumah Anda dari atas bumi.

Fakta Google Maps dan Google Earth

Pada awalnya, Google Earth dirilis empat tahun oleh Google sebelum Google Maps. Namun, saat ini Google Maps lebih banyak digunakan di OS Android dan iOS dari pada saudaranya Google Earth.

Pada tahun 2005, Google mengakuisisi sebuah perusahaan bernama Where 2 Technologies dan mengubah produk peta berbasis desktop mereka menjadi aplikasi web yang sekarang kita kenal sebagai Google Maps. Sedangkan Google Earth awalnya bernama Earth Viewer 3D, dibuat oleh perusahaan yang didanai CIA bernama Keyhole, Inc. yang diakuisisi oleh Google pada tahun 2004.

Saat ini, Google telah mengembangkan kedua aplikasi ini sehingga Google Maps dan Google Earth sudah dapat diunduh dan dipasang di dekstop komputer maupun di ponsel cerdas (smarthphone) untuk pengalaman navigasi terbaik.

Perbedaan Antara Google Maps dan Google Earth

Google Maps dan Google Earth adalah dua aplikasi web yang benar-benar terpisah, tetapi dibuat dengan tujuan yang kurang lebih sama, untuk menjelajahi dunia. Meskipun Google Earth dapat membawa Anda dalam tur virtual ke berbagai tempat indah di bumi, peta Google Maps, di sisi lain, dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang lebih praktis untuk kebutuhan sehari - hari. 

Nah, apakah perbedaan signifikan dari kedua aplikasi ini, baik dari segi kelebihannya maupun kekurangannya serta fitur yang ditawarkan, cek daftar perbedaannya di bawah ini:

1. Google Maps untuk penggunaan sehari - hari

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Google Maps cukup terkenal dengan fitur - fiturnya, seperti navigasi belokan demi belokan, informasi lalu lintas real - time, jadwal sistem transit dan info terbaru lainnya. Berdasarkan lokasi Anda, Google Maps dapat menunjukkan kepada Anda restoran terdekat, tempat wisata dan belanja, pom bensin dan lain - lainnya.

2. Berbagi lokasi Anda di Google Maps

Google Maps memungkinkan pengguna untuk terus membagikan lokasi mereka menggunakan ponsel cerdas mereka. Ini berarti teman Anda dapat melacak pergerakan Anda di aplikasi Google Maps dengan bantuan GPS yang terpasang di perangkat Anda.

3. Google Maps melacak riwayat lokasi

Google melacak riwayat lokasi pengguna yang digunakan untuk mengaktifkan fitur yang disebut Timeline. Ini memberikan wawasan terperinci tentang aktivitas sehari - hari, dan tempat - tempat yang dikunjungi. Misalnya, berjalan kaki, mengemudi, mengunjungi pasar, konsultasi ke dokter dan lain sebagainya.

Karena Google Maps lebih mudah dan lebih praktis digunakan untuk sehari - hari, maka aplikasi lebih ini lebih banyak diunduh dan digunakan dari pada Earth. Perbandingannya di Play Store, Google Maps di download 10 miliar dan Google Earth hanya diunduh 100 juta.

4. Google Earth dapat menyimpan data

Google Earth dapat melacak lokasi Anda menggunakan chip GPS ponsel atau alamat IP Anda saat menjelajah dari desktop. Namun, tidak seperti Google Maps, ini tidak mencatat tempat yang Anda kunjungi. Selain itu, penanda lokasi yang Anda tambahkan ke bagian tempatku, disimpan di perangkat itu sendiri. Ini dapat diekspor maupun di impor kembali sebagai format file KMZ atau KML.

gambar peta dunia pada google maps
Gambar peta dunia pada google maps

Selain itu, di Google Earth tersedia menu untuk para pengguna kalangan teknik, seperti membuat garis polygon, elevasi permukaan tanah, mengukur jarak serta mengambil dan mengetahui titik koordinat untuk disimpan, baik dalam bentuk koordinat geografis maupun UTM. 

5. Google Earth dibuat untuk menjelajah

Pada dasarnya, Google Earth dapat dianggap sebagai bagian dari Google Maps yang ditujukan untuk pengalaman, bukan sebagai utilitas. Update terbaru untuk Earth adalah Pin untuk tempat Anda mendarat di bola dunia maya. Mengklik Pin akan membuka halaman khusus yang menjelaskan informasi yang lebih detail tentang tempat tersebut.

Penutup

Penekanan besar telah diberikan pada konten 3D. Pada Google Earth Anda dapat menjelajah lembah dan gunung dalam bentuk tiga dimensi. Sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok antara citra satelit 3D di Google Maps dan Google Earth. Namun, Earth  lebih menekankan tur bumi secara nyata, sedangkan Maps lebih memberikan informasi detail tentang tempat dan jalan.

Jika Anda membutuhkan aplikasi untuk menjelajahi dunia dan menandai tempat - tempat menarik di bumi tanpa harus beli tiket pesawat ke tempat tersebut, tidak salah Anda menggunakan Google Earth. Namun, jika Anda membutuhkan navigasi jalan pulang dan menghindari jalur macet, gunakanlah Google Maps.  

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentar. Demikian ulasan singkat mengenai " Ketahui 5 Perbedaan Google Maps dan Google Earth untuk Pengalaman Navigasi Terbaik " Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Ketahui 5 Perbedaan Google Maps dan Google Earth untuk Pengalaman Navigasi Terbaik"