Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Wilayah di Indonesia sebagai Lumbungnya Batubara

Gambar batubara


" Tercatat hanya dua wilayah di Indonesia yang diketahui tempatnya lumbung cadangan batubara di Indonesia, yaitu Kaltim dan Sumsel "

Batubara menjadi salah satu andalah sumber daya alam mineral logam dan batubara Indonesia diantara puluhan sumber daya alam bahan tambang yang tersebar di daratan dan di bawah lautan Nusantara. Beberapa provinsi di Indonesia menyimpan sumber daya alam yang sangat besar dan menjanjikan.

Cadangan Batubara

Dari sejumlah sebaran cadangan batubara dunia, salah satunya terdapat di Indonesia dengan total cadangan mencapai 65 miliar metrik ton, berdasarkan data badan geologi Amerika Serikat USGS.

Sedangkan, berdasarkan letaknya pulaunya, penyebaran batubara terbesar yang sudah ditambang oleh perusahaan produsen dan penghasil batubara adalah pulau Kalimantan dan Sumatera.

Pemanfaatan Batubara

Manfaat batubara sangat besar bagi kehidupan manusia, salah satunya batubara dimanfaatkan menjadi sumber energi listrik yang diperoleh dari fasilitas pembangkit listrik tenaga uap (pltu). Manfaat lain dari batubara adalah sebagai bahan bakar rumah tangga dengan mengubah batubara menjadi gas alami.

Energi listrik adalah sebuah energi berupa listrik yang dibutuhkan oleh manusia untuk dapat menggerakkan peralatan elektronik dan peralatan rumah tangga, seperti televisi, handphone, kulkas dan rice cooker

Harga Batubara

Harga batubara yang melambung tinggi dengan harga per ton batubara mencapai $300 per ton akhir - akhir ini, menandakan meningkatnya permintaan akan emas hitam ini. Bahkan negara - negara Eropa sebelumnya tidak menggunakan batubara kembali menggunakannya untuk sumber energi listrik.

Namun, batubara dikategorikan sebagai bahan bakar fosil (energi fosil) yang artinya batubara adalah sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, dimana akan habis dan tidak dapat terbentuk kembali.

Lumbung Batubara Indonesia

Dimanakah wilayah di Indonesia tempat lumbungnya batubara?. Inilah 2 wilayah di Indonesia yang diketahui berstatus sebagai lumbungnya batubara atau sebagai pemilik cadangan batubara Indonesia, berikut daftarnya:

1. Kalimantan Timur (Kaltim)

Kalimantan Timur adalah wilayah nomor satu di Indonesia sebagai daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia. Cadangan batubara di Kalimantan Timur mencapai 10,9 miliar ton atau sekitar 3,8% dari seluruh cadangan batubara dunia.

Daerah sebaran batubara di Kaltim, meliputi Sangatta, Kutai Kertanegara (kukar), Paser dan Bontang. Cadangan batubara di Kaltim mencapai 45% dari seluruh cadangan batubara Indonesia.


Perusahaan pertambangan produsen batubara terbesar di Indonesia PT Kaltim Prima Coal (KPC) beroperasi di daerah ini, tepatnya di Sangatta, Kaltim dengan kapasitas produksi batubara mencapai ratusan juta ton per tahun.

Kalimantan Timur dikenal memiliki kualitas batubara yang sangat baik dengan rata - rata kalori tinggi, rendah abu dan sulfur, meskipun dominan batubara di Indonesia berjenis lignit.

2. Sumatera Selatan (Sumsel)

Wilayah Sumatera Selatan berada di posisi kedua sebagai lumbung batubara di Indonesia. Wilayah Provinsi Sumsel tersimpan cadangan batubara mencapai 8,5 miliar ton atau sekitar 33% dari seluruh jumlah cadangan batubara Indonesia.

Perusahaan pertambangan batubara terbesar di Indonesia dan dunia, yaitu PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terletak di wilayah ini. Selain itu, masih banyak lagi perusahaan tambang - tambang yang beroperasi di daerah ini.

Daerah sebaran batubara terbesar di Sumatera Selatan adalah Kabupaten Muara Enim dan Tanjung Enim dan diberbagai daerah lainnya.

Penutup

Rata - rata produksi batubara Indonesia untuk memenuhi kebutuhan domestik terutama untuk pembangkit listrik tenaga uap dan pabrik semen. Sebagiannya lagi diekspor, terutama negara - negara dikawasan Asia.

Dengan eksplorasi batubara yang berkelanjutan, terutama di wilayah lainnya, seperti pulau Jawa dan Papua, maka akan menambah cadangan batubara dan layak tambang.

Sangat senang menerima kritik dan saran di kolom komentara. Demikian ulasan singa mengenai " 2 Wilayah di Indonesia sebagai Lumbung Batubara " Semoga Bermanfaat.




Dp.

Post a Comment for "2 Wilayah di Indonesia sebagai Lumbungnya Batubara"