Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 5 Perusahaan Produsen Semen Terbesar dan Konsumsi Semen Indonesia

gambar semen tipe 1
Gambar Semen (Sumber : ipleaders.in)

" Semen merupakan bahan untuk penunjang pembangunan infrastruktur saat ini, semen salah satu bahan utama untuk pembangunan Bendungan, Jembatan, Jalan Raya, Jalan Tol, Perumahan, Bangunan bertingkat "

Permintaan semen dari tahun ke tahun semakin meningkat, ini dipengaruhi oleh meningkatnya pembangunan infrastruktur dunia khususnya Indonesia. Apalagi semen adalah bahan utama pembuat beton yang banyak digunakan untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur.

Pengertian Semen 

Semen adalah zat yang digunakan untuk merekat batu, bata, batako, maupun bahan bangunan lainnya. Sedangkan kata semen sendiri berasal dari caementum yang memiliki arti "memotong menjadi bagian-bagian kecil tak beraturan".

Bahan utama pembuatan semen adalah batu gamping (batu kapur), yang kemudian diberi campuran alumina, pasir silika, gypsum dan tanah liat. Semen memiliki jenis tergantung bahan baku dan jumlah penyusun bahan bakunya.

Produksi Semen Indonesia

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (kemenperin), pada tahun 2012 konsumsi semen dalam negeri meningkat 12%, yaitu mencapai 34,3 juta ton semen.

Meningkatnya permintaan akan semen juga dibarengi dengan semakin bertambahnya perusahaan semen berinvestasi untuk mendirikan fasilitas pabrik semen di Indonesia, baik perusahaan dari dalam negeri maupun luar negeri.

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia pada tahun 2019 ; kapasitas produksi semen dalam negeri mencapai 113,1 juta ton, sedangkan kebutuhan semen pasar dalam negeri mencapai 70 ton.

Perusahaan Produsen Semen Terbesar di Indonesia

Dari data ini terlihat bahwa produksi semen kita mampu memenuhi pasar dalam negeri bahkan luar negeri, sebab produksi semen dalam negeri yang berlebih, mencapai 30 juta ton.

Nah, siapakah saja perusahaan pemain dan produsen semen di Indonesia yang memasok semen untuk kebutuhan dalam negeri dan ekspor: 

1. PT SEMEN PADANG Tbk

gambar logo pt semen padang
Gambar logo Semen Padang

Semen Padang merupakan perusahaan produsen semen pertama dan tertua di Indonesia. Dibangun disaat masa penjajahan Belanda di Tanah Air. Penemuan sumber daya alam batu gamping yang berlimpah di Indarung, Provinsi Sumatera Barat menjadikan asal muasal dilakukan penambangan batu gamping dan pabrik pengolahan semen di daerah tersebut.

Lokasi penambangan batu gamping dan pabrik pengolahan semen Indarung I-V semuanya berada di Kota padang, yaitu di Indarung, Sumatera Barat. Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia, kapasitas terpasang produksi PT Semen Padang di tahun 2018 mencapai 8,9 juta ton semen.


2. PT SEMEN GRESIK Tbk

gambar logo pt semen gresik
Gambar logo Semen Gresik

PT Semen Gresik berdiri pada tanggal 7 Agustus 1957, yang diresmikan oleh Presiden pertama Indonesia saat itu, dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen. Saat ini, Semen Gresik sudah menjadi salah satu produsen semen terbesar di Indonesia. 

Lokasi penambangan dan pabrik pengolahan semen berada di Tuban, Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia, kapasitas terpasang produksi PT Semen Gresik mencapai 19,2 juta ton semen.

3. PT SEMEN TONASA Tbk
gambar logo pt semen tonasa
Gambar logo Semen Tonasa

Semen Tonasa merupakan salah satu produsen semen terbesar yang berasal dari Indonesia bagian timur tepatnya di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. 

Semen Tonasa didirikan pada tanggal 5 Desember 1960 dengan kapasitas terpasang 120.000 ton semen. Pemasaran semen dari Tonasa, utamanya untuk memenuhi kebutuhan semen bagian timur Indonesia yang meliputi Sulawesi, Ambon, Nusa Tenggara, Bali dan Papua. Pada tahun 2018 Kapasitas terpasang Semen Tonasa mencapai 7,4 juta ton semen.

4. PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk

gambar logo pt indocement tiga roda
Gambar logo Indocement

Perusahaan produsen semen Indocement adalah produsen semen putih pertama di Indonesia yang berasal dari Jerman dengan induk perusahaan Indocement Heidelberg Cement Group. Produk semen yang paling dikenal, yaitu semen Tiga Roda. Perusahaan ini berdiri pada tanggal 16 Januari 1985 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan kode INTP.

Indocement memiliki 13 pabrik pengolahan semen yaitu yang terletak di Citeureup, Bogor, Jawa Barat dengan jumlah 10 pabrik, di komplek pabrik palimanan Cirebon, Jawa Barat, dengan jumlah 2 pabrik, komplek pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan dengan jumlah 1 pabrik. Kapasitas produksi tahun 2018 mencapai 25,5 juta ton semen.

5. PT SOLUSI BANGUN INDONESIA Tbk

gambar logo solusi bangun indonesia
Gambar logo Semen Solusi Bangun Indonesia

Solusi Bangun Indonesia adalah anak perusahaan PT Semen Indonesia. Produk semen dari perusahaan ini dipasaran dikenal dengan nama Semen Andalas. Solusi Bangun Indonesia memiliki 4 pabrik pengolahan yaitu yang terletak di Narogong, Jawa Barat, Cilacap, Jawa Tengah, Tuban, Jawa Timur dan terbaru di Lhoknga, Aceh. 

Perusahaan ini memperoleh bahan baku semen dari lokasi penambangan batu gamping terbesar di Maloko, Jawa Barat dan lokasi tambang di Jeladri, Surabaya, Jawa Timur. Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia dan situs resmi perusahaan pada tahun 2018 memiliki kapasitas produksi 15,5 juta ton semen.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian ulasan singkat " Top 5 Perusahaan Produsen Semen Terbesar dan Konsumsi Semen Indonesia ". Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Top 5 Perusahaan Produsen Semen Terbesar dan Konsumsi Semen Indonesia"