Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 5 Perusahaan Pertambangan Penghasil Emas Terbesar Di Indonesia

aktivitas pertambangan bawah tanah di freeport indonesia
| Underground Mine (Sumber :PT Freeport Indonesia)

" Berikut adalah 5 (lima) daftar perusahaan pertambangan produsen logam emas terbesar di Indonesia saat ini. Daftar ini dibuat berdasarkan jumlah produksi emas, versi konstruksibesar "

Indonesia memiliki cadangan mineral logam emas yang sangat besar, memiliki rumus kimia Au. Indonesia menduduki posisi pertama di Asia Tenggara sebagai negara terbesar produksi dan pemilik cadangan emas terbesar.

Saat ini, Indonesia dipenuhi investor perusahaan pertambangan emas, baik dari dalam dan luar negeri. Tidak terhitung jumlahnya perusahaan pertambangan emas yang saat ini melakukan eksplorasi dan eksploitasi cadangan emas Indonesia.

1. PT. Freeport Indonesia

Diurutan nomor satu tambang yang paling besar saat ini ialah milik PT Freeport Indonesia, dengan nama induk perusahaan Freeport - McMoRan Copper & Gold Inc atau disingkat FCX yang berbasis di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. 

Pada tahun 2018 Indonesia berhasil menguasai saham dominan Freeport sebesar 51 %. Data produksi 2018, Freeport memproduksi 6.065 ton konsentrat (bijih emas) jika dikonversi dalam sehari Freeport menambang 240 kg emas murni. 

Tambang bawah tanah Freeport dapat menghasilkan 3 juta ton konsentrat per tahun. Dari sisi cadangan diperkirakan akan habis hingga kontrak Freeport berakhir 2041.

2. PT. Amman Mineral

Dulu tambang ini bernama PT. Newmont Nusa Tenggara, di bawahi induk perusahaan Newmont Mining dari Amerika Serikat. Kini telah berganti nama menjadi PT. Amman Mineral. 

Kepemilikan sahamnya diakuisisi oleh perusahaan yang berasal dari indonesia yaitu sebesar 82,2% dibawah bendera PT. Medco Energi International Tbk dan PT. Pukuafu Indah (PTPI) sebesar 17,8%. 

Produksi emas dari tambang Batu Hijau yang berada di Nusa Tenggara Barat ini bisa mencapai hingga 100 kilo Oz (2.834 kilogram) emas dan 197 juta pound tembaga per tahun. Saat ini Amman Mineral sedang melakukan fase tujuh atau tahap terakhir untuk menambang di batu hijau. 

Berdasarkan laporan PT. Medco Energi International Tbk, induk usaha Amman Mineral Nusa Tenggara, fase tujuh bisa menggenjot produksi 4,47 miliar pon tembaga dan 4,12 juta ounces emas pada akhir 2020 atau awal 2021. 

3. PT. Agincourt Resources (Martabe Gold Project)

Tambang emas yang berada di Batang Toru, Tapanulia Utara Sumatera Utara ini dengan induk perusahaan PT. United Tractors Tbk (UNTR) sejak Agustus lalu. Sebelumnya perusahaan ini dimiliki perusahaan yang berasal dari Hong Kong, China.

Dengan akuisisi ini, UNTR resmi memiliki 95% saham PT Agincourt Resources yang mengelola tambang emas Martabe. Produksi di tambang emas Martabe pada kisaran level 300 ribu - 350 ribu ons/tahun atau setara dengan 8.504 kilogram. Tonton videonya dibawah ini. Tonton video nya dibawah ini.



4. PT. Merdeka Copper Gold 

PT. Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) adalah perusahaan baru di bidang tambang mineral. Tambang yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pada tahun ini target produksinya 180.000 Oz (ounce) sampai 200.000 Oz, sedangkan di kuartal I 2019 ini realisasinya sudah mencapai 600.000 Oz. 

Produksi emas ini juga naik dari realisasi produksi perusahaan sepanjang 2018 yang sebesar 167.506 Oz. Peningkatan produksi ini didukung dengan adanya peningkatan produksi pada lapisan oksida di tambang Tujuh Bukit dari 4 juta ton menjadi 8 juta ton.

5. PT. Aneka Tambang (ANTAM)

Perusahaan milik pemerintah ini (BUMN) hingga desember 2018, Aneka Tambang memiliki cadangan emas seberat 19 ton dan sumber daya emas setara dengan 42 ton dari tambang yang berada di Pongkor, Jawa Barat. 

Tambang ANTAM menerapkan sistem penambangan bawah tanah Cut and Fill (Underground Mine). Pada tahun ini ANTAM menargetkan volume produksi sebanyak 2 ton emas.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian penjelasan singkat "Top 5 Perusahaan Pertambangan Penghasil Emas Terbesar Di Indonesia". Semoga Bermanfaat.

Dp.

Post a Comment for "Top 5 Perusahaan Pertambangan Penghasil Emas Terbesar Di Indonesia"