Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Berat yang Digunakan di Industri Pertambangan Ada Truk Kapasitas Angkut 200 Ton

aktivitas pertambangan batuan
Gambar alat pertambangan

" Alat berat merupakan alat yang diperuntukkan untuk membantu manusia dalam mengerjakan pekerjaan dalam skala besar, biasanya digunakan untuk pengerjaan konstruksi, jalan, perkebunan dan pertambangan "

Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu metode penambangan, sistem penambangan secara umum dibagi dalam dua metode yaitu metode tambang terbuka (open pit) dan metode tambang tertutup/bawah tanah (underground mine).

Sektor pertambangan adalah industri yang dikenal mengandalkan alat berat untuk menunjang produksinya. Jenis Alat berat pertambangan ada berbagai jenis dan memiliki fungsi yang berbeda - beda.

Siklus Tambang Terbuka

Pada artikel ini akan dijabarkan jenis alat berat pertambangan yang digunakan dalam metode tambang terbuka. Secara umum, siklus penambangan dapat diuraikan mulai dari pembongkaran meliputi peledakan dan penggalian, pemuatan (loading), pengangkutan, pengolahan dan penimbunan kembali (back filling) dapat digambarkan dengan jelas seperti yang terlihat seperti gambar dibawah ini.

Metode Tambang Terbuka

Metode tambang terbuka biasanya diterapkan untuk bahan tambang atau depositnya dekat dengan permukaan bumi atau tergantung cadangan yang terkandung masih bisa ditambang dari permukaan. 

Selain itu, deposit tersebut masih menguntungkan bila ditambang dengan metode tambang terbuka. Metode tambang terbuka sangat diuntungkan dari segi teknis, ekonomis dan lingkungan karena lebih mudah diterapkan dan sistem keamanan lebih baik. 

Nah, apa saja jenis alat berat, terutama alat berat pertambangan yang sering digunakan dengan metode tambang terbuka.

Jenis Alat Berat di Tambang Terbuka

Apa saja jenis alat berat pertambangan yang digunakan, terutama yang menggunakan metode tambang terbuka, akan dijabarkan secara singkat seperti dibawah ini:

1. Peledakan/Pembongkaran Material

Di pertambangan, tujuan pembongkaran material adalah untuk memisahkan batuan dari batuan induknya supaya material menjadi berukuran kecil dan bisa dimuat kedalam alat angkut seperti dump truck. Fungsi lainnya adalah mengupas atau membuang lapisan penutup (Overburden) dari bahan galian yang akan ditambang.

Salah satu alat untuk membongkar lapisan dengan metode pemboran dengan tujuan pembuatan lubang tembak untuk melakukan peledakan adalah Tamrock Pantera 1100. Alat ini banyak digunakan karena kehandalan dan efektifitasnya.


gambar alat bor batuan
Gambar alat borTamrock (Sumber : Tamrock) 

2. Alat Muat

Alat muat adalah alat berat pertambangan yang berfungsi untuk memuat (loading) material penambangan ke alat angkut, alat ini dapat berupa excavator, shovel sampai bucket Wheel Excavator (BWE). 
alat berat pertambangan yang sangat sering digunakan sebagai alat muat  adalah Excavator.

aktivitas penggalian dan pemuatan excavator
Gambar Excavator/Back Hoe

3. Alat Angkut

Alat angkut di tambang berfungsi untuk memindahkan material batuan/batubara atau tanah dari lokasi pembongkaran/peledakan ketempat yang akan dituju. Sedangkan, untuk batubara biasanya dipindahkan ke lokasi stockpile (penimbunan batubara sementara). Sementara itu, untuk material tanah biasanya dipindahkan ke disposal/penimbunan material tanah.

Salah satu alat angkut yang paling banyak digunakan untuk memindahkan material tanah adalah Articulated Dump Truck (ADT). Kelebihan dari ADT adalah kefleksibelannya berjalan dalam kondisi jalan berlumpur dan basah. Merek alat berat Komatsu, Hitachi, Volvo, Caterpillar adalah perusahaan yang memproduksi jenis ini. ADT dapat mengangkut material OB sampai 30 ton.

gambar truck ADT (Articulated Dump Truck)
Gambar Articulated Dump Truck. (Sumber : PT.HPMP)

Pilihan kedua untuk pengangkutan OB dengan kondisi jalan yang kering dan berbatu banyak menggunakan Dump Truck (DT) dengan merk Scania maupun Hino. Alat ini dapat mengangkut material OB sampai 20 - 30 ton.

gambar dump truck iveco
Gambar Dump Truck

Pilihan berikutnya sebagai alat angkut yang memiliki daya angkut yang lebih besar dapat menggunakan Haul Dump (HD). HD biasanya digunakan untuk kapasitas pengangkutan yang cukup besar, yaitu dapat mengangkut material Overburden(OB), batubara dan bijih logam dengan kapasitas 200 ton.

gambar haul dump HD komatsu
Gambar Haul Dump (HD) (Sumber : Komatsu)

Pengangkutan batubara dibeberapa perusahaan pertambangan batubara khususnya di Indonesia, alat angkut untuk pengangkutan batubara banyak menggunakan truck dengan jenis Dump Truck dengan kapasitas 25 - 30 ton bermerek Hino dan Scania.

Jenis alat berat tambang diatas adalah alat - alat berat yang digunakan dengan menerapkan metode tambang terbuka. Sedangkan bahan tambang yang digali adalah material tanah, batuan dan batubara. 

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Sekian ulasan singkat mengenai "Alat Berat yang Digunakan di Industri Pertambangan Ada Truk Kapasitas Angkut 200 Ton". Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Alat Berat yang Digunakan di Industri Pertambangan Ada Truk Kapasitas Angkut 200 Ton"