Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Three Gorges Dam, Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia

gambar bendungan air
| ilustrasi gambar bendungan/bendung

" Three Gorges Dam (Bendungan Tiga Ngarai) merupakan bendungan dan proyek pembangkit listrik tenaga air (Hydroelectric Power Plant) terbesar di Dunia saat ini "

Proyek pembangkit listrik tenaga air Three Gorges Dam terletak di Sandouping, Yichang Provinsi Hubei, China (Tiongkok). Salah satu proyek pembangkit listrik tenaga air (PLTA) raksasa yang pernah dikerjakan setelah proyek plta Hoover Dam di Amerika Serikat.

Pembangkit listrik tenaga air adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan sumber daya air sebagai energi penggerak pada turbin. Energi yang berasal dari air melalui turbin akan dikonversi generator menjadi energi listrik. Pusat pembangkit listrik plta terletak di ruangan power house atau rumah pembangkit.

Konstruksi Three Gorges Dam

Proyek ini mulai dikerjakan pada tahun 1994 dan selesai, sampai beroperasi pada tahun 2009. Sumber pendanaan berasal dari pemerintah China, perusahaan dan beberapa Bank dari Kanada, Prancis, Jerman, Swiss, Swedia dan Brazil, dengan dana sekitar 24.000.000.000 (24 Milyar) USD.

Proyek ini memanfaatkan aliran sungai Yangtze yang merupakan sungai terbesar dan terpanjang di dunia dengan panjang 3.937 mil atau sekitar 6.335 km dengan debit tahunan 960 miliar kubik yang mengarah ke laut China Timur.

Sumber air sungai ini  berasal dari pegunungan gletser es Selatan-Barat dari Chongquing, sedangkan luas daerah tangkapan air sungai (catcment area) 1,8 juta kilometer persegi dan banjir setiap sepuluh tahun sekali.

Kapasitas Terpasang Turbin 

Bendungan yang dibangun merupakan bendungan yang terbesar di dunia saat ini, dengan tinggi 600 kaki (ft) atau sekitar 186.88 meter. Didalam bendungan dipasang 26 turbin dan generator yang menghasilkan tenaga listrik sekitar 84.600.000.000 kilowatt/jam dengan daya 50 MW (Megawatt) per turbin/generator.

gambar bendungan three gorges dam
Bendung dan power house Three Gorges Dam

Tipe turbin yang digunakan di plta ini, menggunakan tipe turbin Francis yang diproduksi oleh Perusahaan peralatan listrik dan teknik  dari Prancis, yaitu GEC-Alsthom yang juga ikut mendanai proyek ini. 

Proyek Kebanggaan Negara China

Dengan adanya proyek ini Negara China memperoleh manfaat baik dari segi ekonomi, sosial, lingkungan dan pariwisata. Penggunaan dan pemanfaatan air untuk pembangkit listrik tenaga air mengurangi ketergantungan pemerintah China terhadap penggunaan batubara yang selama ini menjadi andalan China untuk pembangkit listrik.

Pembangunan bendungan juga merupakan faktor yang sangat penting, dengan adanya bendungan ini antisipasi banjir tahunan di daerah sungai ini dapat diatasi. Bendungan sekarang ini bisa dijadikan tempat pariwisata yang sangat berbeda dari sebelumnya, dan paling bermanfaat yaitu pemadaman listrik di daerah ini tidak akan pernah terjadi lagi.

Penutup

Proyek ini telah membuat negara China diakui dunia sebagai negara yang berpengalaman untuk membangun pembangkit listrik tenaga air. Sehingga sekarang ini makin banyak perusahaan-perusahaan China yang berekvansi ke luar negeri untuk membangun pembangkit listrik, baik dari segi pembiayaan dan teknik konstruksi.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Sekian ulasan dan rangkuman saya mengenai " Three Gorges Dam, Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia ". Semoga Bermanfaat.

Dp.

Post a Comment for "Three Gorges Dam, Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia"