Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengulas dan Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Bayu dan PLTB Sidrap Terbesar Se-Asia Tenggara

gambar kebun kincir angin
Gambar Kincir Angin/Wind Farm

" Ketika merasa kepanasan baik sewaktu berada di ruangan tertutup atau pun sedang berada dibawah terik matahari sudah pasti badan merasa gerah, penuh dengan keringat dan membuat suasana kurang nyaman "

Solusi untuk keluar dari kondisi ini biasanya kita mengharapkan hembusan angin yang datang menghampiri atau dengan menggunakan alat bantu kipas angin atau dengan mesin pendingin (AC) mengenai badan sehingga dapat mendinginkan suasana badan dan tentu hati juga.

Angin bisa kita dapat dimanapun kita berada, angin memang tidak dapat kita lihat namun bisa kita rasakan, bahkan kita hirup. Kecepatan angin yang kita rasakan bisa sangat lambat, namun bisa juga sangat kencang, apalagi jika kita berada ditempat yang tinggi biasanya angin sangat kencang.


Berdasarkan Wikipedia.org, Angin diartikan sebagai aliran udara dalam jumlah besar yang diakibatkan oleh rotasi bumi (perputaran bumi) dan karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Dari definisi ini bisa kita simpulkan bahwa kecepatan udara dipengaruhi oleh kondisi tekanan udara dan morfologi suatu daerah.

Pengertian Pembangkit Listrik Tenaga Bayu

Dengan memanfaatkan kecepatan aliran angin ini terlahirlah teknologi pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB). Kenapa disebut tenaga Bayu? bayu berasal dari bahasa Sanskerta, berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bayu diartikan sebagai Angin, dalam agama Hindu bayu adalah Dewa Angin.

Pembangkit listrik tenaga bayu salah satu sumber energi yang ramah lingkungan (Clean Energy) yang masuk dalam program EBT (Energi Baru dan Terbarukan). PLTB memanfaatkan sumberdaya angin yang tersedia gratis dan tidak pernah habis. PLTB tidak menghasilkan gas karbon monoksida maupun gas pembentuk gas rumah kaca yang dapat mencemari udara dan lingkungan.

Cara Kerja PLTB

Secara singkat cara kerja PLTB adalah dengan memanfaatkan aliran angin dalam bentuk energi kinetik yang mengalir menuju baling-baling atau sering disebut kincir angin untuk memutar turbin yang kemudian memutar genenator selanjutnya generator akan menghasilkan listrik.

Lokasi penempatan kincir angin tidak sembarangan, melalui tahap pemantauan teknis, ekonomis dan lingkungan disekitarnya. Tahap teknis meliputi pemetaan pergerakan angin yang cukup lama baik melalui satelit cuaca dan pemantauan kecepatan angin di lokasi yang berlangsung cukup lama.

Kecepatan angin yang dibutuhkan minimum mempunyai kecepatan 3m/detik (3 meters/second) agar layak untuk didirikan kincir angin dan mampu memutar kincir angin yang berukuran raksasa ini.

Mengenal PLTB Sidrap

Salah satu pembangkit listrik pertama di Indonesia yang memanfaatkan tenaga angin adalah PLTB Sidrap yang berlokasi di Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan jumlah menara kincir angin sebanyak 30 buah dengan kapasitas terpasang 1 menara sebesar 2.5 MW, sehingga kapasitas terpasang seluruhnya mencapai 75 Megawatt (MW).

gambar peralatan pltb
Gambar Kincir Angin PLTB

UPC Renewables, perusahaan yang berasal dari China yang berhasil membangun PLTB ini dengan menyebutnya sebagai kebun Angin (Wind Farm) yang diklaim merupakan PLTB terbesar Se - Asia Tenggara.

PLTB terdiri dari menara/tiang kincir angin dengan tinggi 70 meter, baling-baling angin yang dipasang berjumlah 3 buah yang terhubung dengan turbin dan ruangan berbentuk kotak sebagai tempat generator dan sistem peralatan elektronik dan juga difungsikan sebagai tempat perawatan mesin.


Salah satu kekurangan PLTB adalah energi listrik yang dihasilkan tidak stabil disebabkan listrik yang dihasilkan tergantung kecepatan angin. Jika kecepatan angin tidak cukup maka tidak dapat menghasilkan listrik. Pasokan listrik yang tidak stabil ini sebaiknya dipadukan dengan pasokan listrik dari pembangkit lainnya selain PLTB.

Penutup

PLTB merupakan teknologi baru di Indonesia, jumlah pasokannya belum sampai 1%. Jumlah pembangkit jenis ini baru terdapat 2 lokasi yaitu PLTB Sidrap dan PLTB Jeneponto di Sulawesi Selatan.

Perlu sosialisasi kepada masyarakat akan teknologi ini, selanjutnya para investor lebih dipermudah untuk mengembangkan potensi PLTB di Indonesia baik dari pemetaan potensi PLTB, segi Peraturan, perizinan dan proses pembebasan lahan yang lebih mudah bagi investor.

Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini. Demikian sekilas ulasan singkat mengenai "Mengulas dan Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Bayu dan PLTB Sidrap Terbesar Se-Asia Tenggara". Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Mengulas dan Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Bayu dan PLTB Sidrap Terbesar Se-Asia Tenggara"